Rekonstruksi Pembunuhan Bermotif Sabu Ditukar Gula Batu, Tersangka Peragakan 25 Adegan

  • Whatsapp
Rekonstruksi kasus pembunuhan yang digelar Satreskrim di kawasan Mako Polres Pangkalpinang, Rabu (24/6/2020). (foto:
istimewa)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG -Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pangkalpinang menggelar reka ulang atau rekonstruksi kasus pembunuhan yang terjadi di simpang Rusunawa, Kecamatan Pangkalbalam, Rabu (24/6/2020).

Rekonstruksi yang digelar di kawasan Mako Polres Pangkalpinang ini diperankan langsung oleh tersangka Ibrohim alias Rohim (20) dengan sejumlah pemeran pengganti.

Sebanyak 25 adegan diperagakan dalam rekonstruksi ini, mulai dari tersangka datang ke tempat kejadian perkara (TKP) hingga terjadinya penganiayaan berat yang berujung pada kematian korban.

Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra menyebutkan sebelum peristiwa terjadi sempat ada cekcok mulut antara tersangka dengan korban, Ilham (27) perihal narkoba. Hal itu tergambar dalam rekonstruksi yang diperagakan oleh tersangka.

Baca Lainnya

“Pelaku dan korban sudah saling kenal. Tersangka memakai uang korban untuk membeli sabu, namun sabu yang dipesan ditukar dengan gula batu. Korban sempat meminta uang pembelian sabu sehingga memicu perkelahian,” kata Adi Putra kepada wartawan usai rekonstruksi.

Dia menambahkan rekonstruksi dilaksanakan untuk mendapat gambaran yang jelas tentang terjadinya suatu tindak pidana dan untuk menguji kebenaran keterangan terdakwa ataupun saksi yang ada sehingga dapat diketahui benar tidaknya tersangka melakukan tindak pidana seperti yang tertuang dalam berita acara pemeriksaan.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua pemuda di simpang Rusunawa, Kecamatan Pangkalbalam terlibat duel maut, Kamis malam (16/4/2020). Akibat dari peristiwa itu, Ilham (27) tewas di lokasi kejadian dengan luka tusuk di dada sebelah kiri dengan pisau masih menancap, sedangkan lawannya, Ibrahim (20) hanya mengalami luka sobek di bagian pelipis.

Setelah mendapat laporan dari warga adanya kasus pembunuhan, Tim Opsnal Polres Pangkalpinang bersama Unit Opsnal Polsek  Taman Sari langsung mencari informasi dan memburu pelaku.

Hanya dalam hitungan jam, tim yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra berhasil membekuk pelaku tanpa perlawanan saat bersembunyi di sebuah warung di kawasan Ketapang, Pangkalpinang. (ist)

Related posts