Ratusan Pasien RSJ se-Indonesia Bakal ke Sungailiat

  • Whatsapp

Ikut Porkesremen dan Jambore Keswa

SUNGAILIAT- Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bangka Belitung (Babel) bersiap menyambut Pekan Olahraga dan Kesenian Rehabilitasi Mental (Porkesremen) dan Jambore Kesehatan Jiwa (Keswa) Nasional ke-VII yang akan dilaksanakan pada 2 hingga 5 Oktober 2019.

RSJ Babel dipercaya Asosiasi Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Indonesia (Arsawakoi) untuk menjadi tuan rumah dalam ajang dua tahunan memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

Di Porkesremen dan Jambore Keswa akan mempertandingkan berbagai cabang olahraga, seni dan kerohanian antar-pasien RSJ. Saat ini sudah ada 30 RSJ swasta ataupun millik pemerintah yang mengkonfirmasi akan datang untuk mengikuti ajang tersebut.

“Sejauh ini yang sudah konfirmasi ada 30 rumah sakit jiwa. Nanti mereka akan bertanding futsal, bulu tangkis, pimpong serta catur. Untuk Senin nanti akan ada rehabilitan idol, jadi seperti kayak Indonesia idol gitu. Kalau kerohanian akan lomba ngaji dan ceramah,” ungkap salah seorang pantia acara Ria Agustine, Jumat (19/7/2019).

Pihaknya RSJ Babel, dia menambahkan sudah menyiapkan venue dan penginapan bagi peserta yang akan dipusatkan di Sungailiat. “Persiapan kita sebagai tuan rumah sudah membooking venue dan hotel-hotel untuk para peserta nanti,” tambahnya.

Dari Babel, Ria menambahkan, tuan rumah sudah mempersiapkan 50 orang yang akan bertanding pada Porkesremen dan Jambore Keswa. “Kita saat ini sedang menyiapkan 50 orang, target kita tentunya juara umum, sebelumnya kita cuma dapat satu emas di bulutangkis putri,” terangnya.

Selain itu, dia menambahkan, selain pertandingan olahraga dan seni, dalam kegiatan tersebut juga akan ada pameran karya pasien rehabilitan dari masing-masing RSJ seluruh indonesia.

“Nanti juga akan ada stand buat pameran karya pasien, jadi stand itu akan menampilkan dan menjual hasil karya dari para pasien setiap rumah sakit jiwa. Kita juga akan ada city tour, jadi mereka akan kita ajak keliling tempat-tempat wisata,” ungkap Ria.(mla/10)

Related posts