Rapid Test Massal, Gubernur: Kita Fokus ke Daerah-daerah yang Banyak Terpapar Covid-19

  • Whatsapp
Gubernur Erzaldi saat diskusi membahas rencana pelaksanaan rapid test massal.(foto: saktio)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi akan menyiapkan rapid test massal untuk memutus penyebaran dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam menyiapkan kegiatan rapid test massal ini, Gubernur Erzaldi mengajak diskusi beberapa perwakilan dari beberapa tim penanganan Covid-19 seperti perwakilan IDI Babel, Liaison Officer Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat Mayjen Purn Toto Siswanto, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mikron Antariksa.

Kemudian ada Kepala Dinas Kesehatan Babel drg. Mulyono beserta staf, Direktur RSUD Ir. Soekarno dr. Armayani Rusli, Danrem 045 Garuda Jaya Kolonel Czi Mateus Jangkung, serta Direktur BUMD Babel, Saparudin di Ruang Kerja Kantor Gubernur Babel, Minggu (10/5/2020).

Diskusi ini digelar untuk membicarakan persiapan rapid test massal yang akan dilakukan di Babel. Oleh karena itu, Gubernur Erzaldi mengajak pihak kesehatan dan tim yang berfokus terhadap penanganan Covid-19 di Babel agar konsep rapid test yang akan diadakan lebih matang.

Baca Lainnya

Selain bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Babel, rapid test juga bertujuan untuk memetakan penyebaran Covid-19 serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar lebih waspada dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Rapid massal ini, kita fokuskan untuk mencari titik-titik, daerah-daerah mana yang banyak terpapar virus ini (Covid). Dari hasil rapid test ini, kita bisa meminimalisir orang – orang yang memang terdampak lebih cepat,” ungkapnya.

Rapid test massal ini, rencananya akan dilakukan di beberapa tempat keramaian hingga pelosok desa. Rencananya, lokasi-lokasi pertama yang akan dikosentrasikan untuk dilaksanakan rapid test ialah seperti Kecamatan Merawang, Kecamatan Pangkal Balam, dan daerah Batu Hitam.

Bilamana hasil rapid test reaktif, kata Gubernur, maka akan dilanjutkan untuk dites swab dan dikarantina baik secara di wisma karantina provinsi atau sesuai kebijakan daerah masing-masing.

Dalam diskusi ini, IDI Babel mendukung gerakan Gubernur Erzaldi untuk melakukan rapid test massal ini demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Menurut Gubernur, tidak ada seorang pemimpin pun yang pernah berpengalaman dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi, dibutuhkan kreativitas dan kerja sama dalam menyelesaikan wabah ini.

Oleh karena itu, Gubernur Erzaldi mengajak berbagai pihak untuk bekerja sama dari mulai swasta, tim kesehatan, tim keamanan, hingga masyarakat.

Persiapan rapid test ini, rencananya akan dibahas lebih mendalam dengan Forkopimda Kepulauan Babel pada Senin, (11/5/2020).(Uki/Adv/3).

Related posts