Rapid Test Antigen untuk ASN Gratis

  • Whatsapp
Ilustrasi (ft: Roni Bayu)

 

RAKYATPOS.COM,PANGKALPINANG– Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan membiayai rapid test antigen untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer di lingkungan Pemprov Babel yang terkait dengan pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Read More

Menurut Sekda Provinsi Babel, Naziarto, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah dan antisipasi penularan virus corona yang kian meningkat setiap hari. Dia menyebutkan sudah menginstruksikan dinas kesehatan dan laboratorium kesehatan daerah (labkesda) untuk melayani rapid test antigen ASN yang kontak erat dengan pasien positif.

Ia menegaskan, para ASN dan honorer harus menjaga kesehatan masing-masing dalam rangka menghindari pandemi, salah satunya dengan cara menggunakan masker di lingkungan kerja, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu, katanya, upaya tracing dan tracking juga dilakukan dengan melakukan swab antigen.

“Pemprov akan melakukan swab antigen kepada para ASN dan honorer di lingkungan pemprov di labkesda. Jadi, siapa yang merasa dirinya kurang sehat dan yang bersangkutan pernah kontak fisik langsung dengan orang yang sudah terpapar, segera untuk swab antigen di labkesda, ” kata Naziarto, Selasa (29/12/2020).

Dia menambahkan, sudah membuat surat yang diedarkan ke masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) untuk ditindaklanjuti dan surat ini juga berkenaan dengan instruksi kerja dari rumah atau work from home yang dikeluarkan oleh gubernur. Hal ini dilakukan, agar tidak semakin banyak ASN yang terpapar dari klaster perkantoran dan keluarga, sehingga ASN yang masih sehat, diminta untuk tetap waspada dan melakukan upaya pencegahan.

“Tingginya angka kasus positif satu bulan terakhir, dikarenakan kelengahan atau abai dalam penerapan prokes Covid-19. Padahal menggunakan masker itu kewajiban, cara kita mencegah agar tidak tertular Covid- 19, saya melihat karena banyak yang lengah dan abai, akhirnya kasus ini meningkat, ” tandasnya.

Naziarto mencontohkan, ia pernah satu mobil dengan orang yang ternyata terpapar Covid- 19, tetapi karena ia selalu menggunakan masker meskipun dalam mobil, akhirnya ia tidak terpapar. “Jangan pernah abai dan harga disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, ini untuk mencegah diri dan keluarga agar tidak terpapar corona, karantina itu nggak enak, “katanya.

Related posts