Rakornas Badan Kesbangpol di Kepri Hasil Sembilan Rekomendasi

  • Whatsapp
Pelaksanaan Rakornas Kesbangpol di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang tanggal 16-17 November 2020.(foto: ist),

RAKYATPOS.COM, TANJUNGPINANG – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dan mendukung sukses Pilkada Serentak 2020 di masa Pandemi Covid-19, menghadirkan Badan Kesbangpol dari berbagai Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung di Provinsi Kepulauan Riau sebagai tuan rumah, tepatnya diselenggaran di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang tanggal 16-17 November 2020, dan turut dihadiri Wahyono Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu, menghasilkan sebanyak sembilan rekomendasi.

Read More

Sembilan rekomendasi itu, diantaranya, Pertama, mendukung dan mendorong Pelaksanaan Pilkada Sehat Serentak Tahun 2020 agar berjalan aman, damai, jurdil dan demokratis serta menjamin kesehatan seluruh masyarakat dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19.

Kedua, Memastikan dukungan fasilitasi anggaran guna penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020. Ketiga, Melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terkait dengan protokol kesehatan covid-19 dan pendidikan politik mengenai pentingnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Keempat, Mewujudkan netralitas ASN dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 melalui Gerakan Nasional Netralitas ASN.

Kelima, Melakukan pemantauan perkembangan politik, deteksi dini dan cegah dini dan serta mengantisipasi isu-isu negatif yang berkembang dimasyarakat dengan mengoptimalkan peran kemitraan masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Keenam, Meningkatkan koordinasi dengan penyelenggara Pemilu, Peserta Pemilu, aparat keamanan, media masa dan masyarakat untuk membangun narasi positif mengenai pelaksanaan Pilkada Sehat Serentak Tahun 2020.

Ketujuh, Mengoptimalkan peran Forkopimda serta mendorong sinergitas dan kolaborasi dengan seluruh komponen bangsa ainnya dalam pemeliharaan stabilitas politik dan pemerintahan dalam negeri dalam mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020.

Kedelapan, Mendorong partisipasi masyarakat dalam mengikuti Pilkada Serentak Tahun 2020, bahwa memilih dihari Pilkada adalah aman bagi bahaya Covid-19 dan tetap waspada dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Kesembilan, Melanjutkan program yang tetap berorientasi pada pengendalian dan pencegahan Covid-19 pada Tahun 2021 serta untuk mencapai tujuan-tujuan strategis di bidang kesatuan bangsa dan politik dengan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal.

Related posts