Rakor PPWK Babel Hasilkan Lima Rekomendasi

  • Whatsapp
Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Pemprov Babel, Syahrudin saat membuka Rakor Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Rabu (16/09/2020).(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) yang dilaksanakan di Hotel Bangka City Pangkalpinang.

Kegiatan yang diikuti 30 peserta dengan tujuan koordinasi dan sinkronisasi Program Kerja PPWK Provinsi Babel dan PPWK Kabupaten/Kota, Rabu (16/09/2020), dan dibuka Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel Syahrudin mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman itu, menghasilkan sebanyak lima rekomendasi.

Rekomendasi melalui diskusi antar peserta rakor tersebut antara lain: Pertama, Wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting, sehingga perlu untuk lebih meningkatkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Kedua, Pemprov untuk dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat terkait peningkatan pemahaman Pancasila khususnya berkoordinasi dengan instansi yang berwenang yakni Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Baca Lainnya

Ketiga, Pemprov dan Kabupaten/kota untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan bela negara sejak dini guna menanamkan rasa cinta tanah air.

Keempat, Penguatan pemahaman wawasan kebangsaan sejak usia dini hingga pendidikan tinggi dan masyarakat umum dengan pola yang lebih menarik, interaktif serta mengikuti perkembangan kemajuan di bidang teknologi informasi.

Terakhir atau poin kelima, perlunya sinkronisasi program dan kegiatan di bidang pendidikan wawasan kebangsaan antara Pemerintah Kabupaten/kota dan Pemprov.

Sebelumnya, Syahrudin selaku Staf Ahli Gubernur mengatakan, PPWK sangat penting untuk dilaksanakan, karena kegiatan ini, merupakan wadah berbentuk kelompok kerja yang diarahkan untuk pengembangan cara pandang tentang diri dan lingkungan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila dan Undang-Undang.

Syahrudin ikut mengingatkan, hingga saat ini, di Babel masih ada yang terpapar Covid-19. Oleh karena itu, semua pihak diingatkan jangan lalai dalam menjaga diri dan keluarga, serta tetap mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Babel, Tarmin menyampaikan, Kegiatan PPWK ini sangat strategis dan urgen.

“Sebagaimana kita ketahui empat konsesus dasar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika masih tetap menjadi konsesus bangsa yang dimiliki bangsa kita hingga saat ini. Oleh karena itu, pentingnya kita memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang 4 konsesus ini,” ujarnya.

Tarmin menyebutkan kegiatan ini, digelar dengan tujuan untuk mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan, guna pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara berlandaskan pada nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, serta membangun jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan PPWK di berbagai daerah.(rel)

Related posts