Rakor KONI Babel Bersama Stakeholder dan Pengprov Cabor

  • Whatsapp

Peningkatan Prestasi Cabor Perlu Dukungan Pemda dan Stakeholder

PANGKALPINANG – Rapat Koordinasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama stakeholder dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (cabor) telah terlaksana, Kamis (13/4/2017) bertempat di Ballroom Hotel Puncak Kota Pangkalpinang.

Ketua KONI Babel, Dharma Sutomo mengatakan pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga merupakan kewajiban dan tanggungjawab pemerintah daerah, namun tetap berkolaboratif serta bermintra dengan KONI provinsi dalam membina dan meningkatkan prestasi olahraga di Provinsi Kepulauan Babel.

“Dalam mewujudkan peningkatan prestasi cabor unggulan di Provinsi Babel diperlukan dukungan pemerintah daerah yang meliputi pembangunan sarana dan prasarana olahraga serta dukungan bapak angkat dari stakeholder-stakeholder swasta agar dapat membina cabor unggulan yang ada di Babel,” kata Sutomo dalam rakor.

Pada kaitannya dengan pembinaan olahraga prestasi di Provinsi di Babel perlu dipertimbangkan untuk dilakukan peninjauan kembali terhadap Peraturan Daerah (Perda) No 13 Tahun 2016 tentang keolahragaan yang meliputi penghargaan kepada atlet/pelatih serta pelaku olahraga dan pengalokasian anggaran pembinaan keolahragaan di Babel.

“Pemenuhan kebutuhan anggaran untuk pembinaan keolahragaan agar memperhatikan kegiatan-kegiatan prioritas disesuaikan dengan kebutuhan agar terakomodir dalan dokumen pelaksanaan anggaran dan pemprov serta KONI dapat memberikan kepastian jaminan hari tua kepada atlet-atlet berprestasi,” katanya.

Sutomo menambahkan dalam rakor tersebut telah dirumuskan beberapa hal diantaranya dalam rangka sinergisitas dan percepatan persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V tahun 2018.
Ia berharap Pemprov Babel untuk segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Babel tentang Kabupaten Bangka Tengah sebagai tuan rumah Porprov.

Untuk cabor dan nomor yang dipertandingkan, kuota atlet/pelatih/official kontingen, venue cabor serta mendali yang diperebutkan akan dibahas khusus pada rakor teknis bersama dengan PB Porprov V tahun 2018.

“Dalam penyusunan Peraturan Gubernur (PERGUB) tentang keolahragaan akan didiskusikan dan dilakukan uji publik dengan melibatkan KONI Provinsi Kepulauan Babel, dispora kabupaten/kota, KONI kabupaten/kota, pengprov/pengkab cabor serta stakeholder-stakeholder lainnya,” lanjut Sutomo.
Rakor dihadiri pengurus KONI Babel, peserta dari perwakilan/ketua pengprov, stakeholder, para nara sumber dan tamu undangan lainnya. (DF/10)

Related posts