by

Puting Beliung Hantam Permis, 8 Rumah Rusak

RUMAH RUSAK – Kapolsek Simpang Rimba, tampak mengecek kondisi rumah warga Desa Permis Kabupaten Bangka Selatan yang rusak akibat hantaman angin puting beliung dini hari kemarin. Sebanyak 8 rumah warga rusak berat dan ringan. Angin menerjang sekitar pukul 01.30 WIB, disaat warga terlelap. (Foto: Dedi Irawan)

Angin Menggulung dari Tanah ke Angkasa
Saat Kejadian, Warga Terlelap Tidur

SIMPANGRIMBA – Angin puting beliung kembali menerjang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setelah menyerang rumah warga di Kabupaten Belitung, kini angin yang ditakutkan warga ini menghantam rumah penduduk Desa Permis, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu dini hari (13/12/2017) sekitar pukul 01.30 WIB.
Akibat terjangan angin tersebut, sebanyak 8 unit rumah warga mengalami kerusakan. Yaitu rumah milik Rohani, Parida, Sobri, H. Ismial, Wandi, H. Ibrahim, Adam dan kediaman Supardi Steven.
Kapolres Bangka Selatan, AKBP Bambang Kusnarianto melalui Kapolsek Simpang Rimba Iptu Yudha Prakoso mengatakan, beruntung peristiwa bencana tersebut tidak memakan korban jiwa. Para warga hanya mengalami kerugian materil karena rusaknya rumah.
Pascakejadian, perangkat Desa Permis sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bangka Selatan untuk penanganan lebih lanjut terhadap korban puting beliung. Dari data Dinas Sosial beberapa rumah mengalami rusak berat, sedang dan ringan.
“Hanya satu warga atas nama Rohadi yang rumahnya mengalami rusak berat, sedangkan yang lainya rusak ringan. Tadi Babinkamtibmas Desa Permis didampingi perangkat desa telah mengunjungi dan membantu warga yang terkena musibah,” kata Kapolsek Simpang Rimba.
Menurut Iptu Yudha Prakoso, salah satu warga setempat menceritakan kejadian terjangan puting beliung dini hari kemarin di Permis begitu cepat. Saat itu, kata dia, sebelum terjadi bencana, cuaca mendung sebelum hujan dilanjutkan dengan angin berembus kencang di sekitar rumah milik warga.
Tak lama berselang, kumparan angin menggulung dari tanah ke angkasa dan bergerak cepat mengarah ke permukiman rumah warga dengan suara yang menderu. Mengetahui itu, warga yang terbangun dari tidur langsung berteriak membangunkan anggota keluarganya dan berlari ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.
“Saat ini anggota dari Polsek Simpang Rimba sedang kerja bakti dengan warga membereskan puing-puing bangunan yang rusak. Tadi kita lihat di lapangan kerusakan itu seperti seng-seng yang berterbangan. Warga Desa Permis memang sempat kaget soalnya kejadian disaat pada tidur tapi alhamdullilah semuanya selamat,” pungkas Yudha.
Sementara itu, bantuan untuk warga yang rumahnya terkena angin puting beliung sudah disalurkan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPPPAPMD) Basel.
“Bantuan dari pemerintah daerah tadi siang (kemarin-red) sudah diberangkatkan dari DSPPPAPMD Basel. Bantuan berupa buffer stock dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI dan sembako. Setidaknya, bantuan tersebut dapat meringankan sementara beban warga yang rumahnya rusak terkena angin puting beliung ini,” ujar Sekretaris DSPPPAPMD Basel, Sumadi.
Bantuan yang diberikan kepada korban bencana tersebut, merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkab Basel yang diharapkan bisa membantu meringankan beban korban bencana.
“Harapanya semoga bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi keluarga korban bencana,” tutup Sumadi. (raw/1)

Comment

BERITA TERBARU