Puskesmas Sinar Baru dan Baturusa Wakili Bangka

  • Whatsapp
Penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Balita Sehat Indonesia (LBSI) tingkat Kabupaten Bangka kategori balita usia 6-24 bulan, Kamis (17/10/2019).(foto: Riski Yuliandri)

LBSI Tingkat Provinsi

SUNGAILIAT- Balita dari Puskesmas Sinar Baru dan Puskesmas Baturusa berhak mewakili Kabupaten Bangka dalam Lomba Balita Sehat Indonesia (LBSI) tingkat Provinsi Babel. Pada LBSI tingkat kabupaten yang berlangsung di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Bangka, Kamis (17/10/2019) ini, balita perwakilan dari dua puskesmas tersebut berhasil menjadi juara.

Puskesmas Sinar Baru menjadi juara di kategori balita usia 6-24 bulan dan mengalahkan balita dari Puskesmas Gunung Muda dan Belinyu yang masing-masing juara dua dan tiga di kategori yang sama.

Sementara itu, Puskesmas Baturusa menjadi juara di kategori balita usia 2-5 tahun dimana Puskesmas Belinyu dan Bakam berada di peringkat dua dan tiga. Ada 22 balita yang berasal dari berbagai puskesmas se-Kabupaten Bangka untuk mengikuti lomba tersebut di kategori balita usia 6-24 bulan dan 11 balita di kategori balita usia 2-5 tahun.

Penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, ahli psikologi, IBI dan PKK. Yang dinilai status gizi, penilaian gigi, penilaian tumbuh kembang dan penilaian fisik.

Kasi Kesehatan Keluarga Kabupaten Bangka, Rosmawati mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya peningkatan pelayanan kesehatan balita dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas cerdas, sehat dan kreatif.

“LBSI yang diselenggarakan oleh Dinkes Bangka ini merupakan upaya kami dalam membina dan mengevaluasi upaya yang telah sama-sama kita laksanakan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak. Intervensi baik secara fisik, jasmani dan rohani maupun sosial psikologi telah kita laksanakan, mudah-mudahan memungkinkan balita dapat tumbuh optimal,” ungkapnya, Jumat (18/10).

Dia berharap upaya yang dilakukan dalam meningkatkan tumbuh kembang anak dapat seiring dengan kualitas anak bangsa. “Harapan kami bisa untuk mengurangi angka kesakitan dan angka kematian pada Neonatal, bayi dan balita sehingga kualitas sumber daya manusia akan lebih baik,” tambahnya.

Rosmawati juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan menjadi wakil kabupaten bangka untuk kemudian dilombakan lagi ke tingkat provinsi. “Selamat kepada para pemenang LBSI terutama untuk pemenang juara 1 yang nanti akan mewakili Kabupaten Bangka di LBSI tingkat provinsi dan teruslah untuk meningkatkan potensi tumbuh kembang balita secara optimal,” ujarnya.(mla/10)

Related posts