Puskesmas Gunung Muda Ajak Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19 Melalui SIMASGULING

  • Whatsapp
Tim Puskesmas Gunung Muda foto bersama disela-sela penyampaian informasi tentang bahaya dan gejala dari Covid -19 kepada masyarakat Gunung Muda.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, BELINYU – Jumlah kasus virus Corona terus bertambah, dengan beberapa melaporkan kesembuhan, tapi tak sedikit yang meninggal. Usaha penanganan dan pencegahan terus dilakukan pemerintah, demi melawan Covid-19 dengan gejala mirip flu.

Tak terkecuali di daerah kawasan Gunung Muda Kecamatan Belinyu Bangka, seperti adanya gerakan dari Puskesmas Gunung Muda, Belinyu, Bangka, Bangka Belitung, untuk mengajak masyarakat mematuhi  protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Ajakan itu, dilakukan melalui kegiatan yang dinamakan Sistem Informasi Puskesmas Gunung Muda Keliling (SIMASGULING), yakni penyampaian informasi tentang bahaya dan gejala dari Covid -19.

“Kegiatan ini, merupakan inisiatif dari Tim Puskesmas Gunung Muda karena sudah mulai berkurangnya kesadaran masyarakat tentang Covid-19, kurang mematuhi prosedur dan SOP penanggulangan Covid- 19 seperti menggunakan masker dan memberlakukan sosial distancing serta jaga jarak,” jelas Milasari Prihantia koordinator kegiatan.

Baca Lainnya

Pelaksanan kegiatan tersebut, merupakan arahan dari Dinas Kesehatan Bangka dan kerja sama antara Puskemas Gunung Muda, Polisi Sektor Belinyu, BNPB Kabupaten Bangka.

Edukasi dan penyampaian informasi kepada masyarakat dibantu pengeras suara dengan berkeliling kampung seputar Desa Gunung Muda, Desa Riding Panjang dan Desa Lumut, menggunakan mobil pick up bak terbuka pada kemarin siang, Selasa (1/9/2020).

“Selain memberikan edukasi kepada masyarakat, kegiatan ini juga dengan membagikan masker kepada masyarakat,” terang Mila panggilan Promkes, Promosi Kesehatan Puskesmas Gunung Muda.

Milasari mengatakan, program sosialisasi kesehatan Puskesmas Gunung Muda yang didampingi Bhabinkamtibmas Gunung Muda dan Riding Panjang mendapat antusiasme yang baik dari masyarakat.

“Masyarakat senang, selain mendapatkan edukasi serta perkembangan Covid- 19 di Kabupaten Bangka, masyarakat juga mendapatkan masker gratis dari Puskesmas,” ungkapnya.

Puskesmas Gunung Muda berharap kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap penularan Covid-19, dan lebih disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan.

“Dengan mematuhi protokol kesehatan, kita sudah ikut menjaga keluarga dan orang sekitar kita terhadap penularan Covid -19, serta selalu melakukan perilaku hidup bersih dan sehat,” tutup koordinator kegiatan.(rel/han/3).

Related posts