PUPR Bangun IPAL Sesuai dengan Standar Kemenkes

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG –
PPK Program Sanitasi Direktorat Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), Ahmad Sopian menuturkan bahwa program sanimas 2020 berupa WC besar atau Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (SEPAL DP).

“Jadi bukan untuk pabrik, cuma untuk rumah tangga, yaitu untuk menampung sekitar 70 bubung rumah atau 70 KK. Padahal, kadang satu rumah sampai tiga KK juga ada,” tutur Sopian dalam kegiatan sosialisasi masyarakat program sanimas reguler di Pos PAUD Air Mawar di Jalan Air Mawar, Rabu (22/7/2020).

Ia menjelaskan, ada tiga lokasi yang menjadi sasaran program Sanitasi sesuai dengan permintaan yang diajukan oleh Walikota Pangkalpinang.

Baca Lainnya

“Sebenarnya, masalah lokasi ini gampang saja kalau ada peran aktif dari masyarakat. Adanya lokasi di sini karena peran aktif masyarakat,” katanya.

Pihaknya akan mengakomodir segala peran aktif masyarakat untuk program-program yang dibutuhkan.

“Di Air Mawar ini untuk bidang Sanitasi, ada satu lokasi. Itupun kalau bapak/ibu setuju, kalau tidak akan kami cabut,” jelas Sopian.

Untuk saat ini, dia menambahkan, WC besar atau IPAL sudah ada di Desa Pagarawan, Kelurahan Opas dan satu lokasi bakal dibangun di Kelurahan Air Mawar.

“Kami membangun WC ini dengan standar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang kami bangun ini bukan untuk pencemaran lingkungan, tapi semuanya sudah ada standarnya,” tandasnya. (bis)

Related posts