Puncak HPSN 2019, Dinas Lingkungan Hidup Gelar Lomba di TPA

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)akan mengelar kegiatan puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 di Kabupaten Bangka, yang dipusatkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Selasa (26/2/2019).
Berbagai perlombaan juga akan dilaksanakan seperti lomba melukis untuk pelajar se Kabupaten Bangka, serta pemberian penghargaan kepada para suka relawan pemunggutan sampah di Kawasan Pantai Matras Sungailiat yang telah dilaksanakan pada 21 Februari 2019.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Ir Meina Lina melalui Sekertaris Dinas Rozali kepada wartawan Senin (25/2/2019) di kantornya mengatakan, peringatan HPSN sangat perlu digelar. Sebab, pada tanggal 21 Febuari ada kejadian besar bagi bangsa Indonesia, yakni di Leuwi Gajah Cimahi Jawa Barat. Sampah menjadi mesin pembunuh, dan menelan korban jiwa 157 orang akibat longsoran sampah.
”Terkait kejadian ini, pemerintah yakni Kementrian Lingkungan Hidup menetapkan tanggal 21 Febuari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), dan diperingati hingga sekarang ini,” ujar Rozali.
Menurutnya, puncak peringatan HPSN di Kabupaten Bangka, akan dihadiri Bupati Mulkan serta para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Masyarakat sekitar TPA Kenanga dan pelajar juga dilibatkan.
”Kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kabupaten Bangka telah dimulai dengan kegiatan bersih-bersih di di kawasan Pantai Matras Sungailiat yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2019 lalu. Terkait lokasi hari puncak HPSN sengaja di TPA agar para pejabat, pelajar dan masyarakat umum tahu pengelolaan sampah di TPA,” ujarnya.
Dalam peringatan HPSN tahun 2019 ini mengambil tema “Indonesia bersih dan peduli sampah”. DLH juga melakukan kegiatan lain berupa sosialisasi pengolahan sampah, kebijakan peduli sampah dan inovasi masyarakat peduli sampah untuk dapat menyadarkan masyarakat. (2nd/1)

Related posts