Puluhan Sapi Hasil Inseminasi Ikut Kontes

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Babel menggelar gebyar peternak sekaligus kontes sapi hasil inseminasi, Kamis (5/9/2019).

Kegiatan yang digelar di areal Kantor BPTP Babel ini dibuka oleh Pj Sekda Babel Yulizar Adnan.
Selain kontes sapi yang diikuti puluhan peserta, turut dilaksanakan launching program integrasi sapi-sawit, bazar peternakan dan stand peternakan.

Dalam sambutannya, Yulizar menyebutkan peternakan memegang peran strategis dalam pembangunan, bukan hanya tersedianya konsumsi protein hewani dan bukan sekedar peningkatan ketahanan pangan tetapi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dari hasil protein hewani tersebut.

“Saya menginginkan agar kegiatan ini dapat terus dilakukan di tahun-tahun berikutnya, karena selain sebagai proses pembelajaran bagi peternak, juga sekaligus mendapatkan motivasi,” kata Yulizar.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian RI, Sri Widayati berharap dalam moment ini juga dimanfaatkan untuk membangun negeri menggunakan bahan pakan lokal dalam menghadapi persaingan global.

“Ini satu cara menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang keberhasilan dan capaian kinerja pembangunan peternakan di Provinsi Babel yang akan menjadi salah satu tujuan daerah lumbung ternak,” sebutnya.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Badan Litbang Kementerian Pertanian, Rama Yufdi, Kepala BPTP Babel, Wahyu Wibawa, Kepala Karantina, Syaefudin, Kepala Dinas Pertanian se-Babel, para pengusaha serta pelaku perkebunan dan peternakan se-Babel.

Ketua panitia yang juga Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi menyampaikan gebyar peternakan dilaksanakan selain untuk upaya meningkatkan hasil produksi peternakan juga untuk memberikan penghargaan kepada kelompok ternak. (nov/10)

Related posts