Sambut HUT Ke-75 PMI, Puluhan Peserta Ikuti Lomba Video Kreatif dan Artikel

  • Whatsapp
Ketua PMI Babel Abdul Fatah.(Foto: Ist/Dok. PMI Babel).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Palang (PMI) yang jatuh pada 17 September 2020, PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan Lomba Video Kreatif dan Artikel Kepalangmerahan.

Puluhan peserta baik dari Babel maupun luar Babel mengikuti Lomba Video Kreatif dan Artikel dengan dua kategori, yakni untuk relawan dan umum yang mulai dibuka sejak tanggal 7 hingga 14 September 2020 tersebut.

“Lomba ini, hanya kita adakan dalam waktu 10 hari dengan beberapa tahapan. Pertama dari tanggal 7-14 September pendaftaran dan pengumpulan berkas, kemudian 15-16 September proses  penilaian  dan penjurian, selanjutnya 21 September 2020 pembagian hadiah bagi para pemenang,” ungkap Ahmad selaku penanggung jawab kegiatan  sekaligus Kabid Komunikasi dan Informasi (Kominfo) PMI Babel.

Semula, dikatakannya, pembagian hadiah dengan sub tema “Mengasah Jiwa Kemanusiaan saat Pandemi” dan “PMI: Kemanusiaan dan Tantangan”  akan dilakukan pada tanggal 17 September bertepatan dengan hari H HUT PMI.

Baca Lainnya

Para pemenang lomba, dikatakan Ahmad lebih lanjut, ditentukan oleh panitia, setelah melalui penilaian para Juri professional. “Untuk juri lomba sengaja kita ambil dari rekan-rekan jurnalis senior dan berpengalaman dibidangnya, seperti Dody, M. Irfan, dan Mery,” sebut Ahmad.

Panitia Lomba saat melakukan verifikasi berkas lomba.(Foto: Ist).

Namun, karena sesuatu dan lain hal, maka penyerahan hadiah baru bisa dilaksanakan 21 September 2020 di ruang kerja Wakil Gubernur Babel yang juga menjabat Ketua PMI Babel, Abdul Fatah.

Dijelaskan Kabid Kominfo PMI Babel, untuk peserta yang mengikuti lomba Lomba Video Kreatif sebanyak 18 tim, terdiri dari 8 tim kategori  relawan, dan 10 tim kategori umum.  Sedangkan untuk Lomba Artikel terhimpun sebanyak 60 peserta, terdiri dari 20 peserta  kategori relawan dan 40 peserta kategori umum.

“Alhamdulillah, partisipasi  masyarakat cukup tinggi untuk kegiatan dengan persiapan waktu yang singkat. Unsur yang terlibat juga bervariasi mulai dari dosen, guru, jurnalis, PNS, pelajar, mahasiswa hingga praktisi sosial. Bahkan dari luar Babel juga banyak yang ikut. Tapi, karena keterbatasan waktu dan ini lomba yang pertama kali kami gelar, jadi kami batasi untuk peserta dari luar Babel,” ujar Ahmad.

Kepada para pemenang lomba, ditambahkan Kabid Kominfo PMI Babel,  akan mendapatkan Piala, Piagam, dan sejumlah uang pembinaan.

Sementara itu, Abdul Fatah selaku Ketua PMI Babel mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Babel, bahkan dari luar Babel juga, yang telah turut berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Video Kreatif dan Artikel menyambut HUT Ke-75 PMI 2020.

Abdul Fatah mengatakan, kegiatan  ini sebagai media promosi bagi PMI, dan wadah penyaluran kreativitas masyarat Babel khususnya, terutama berkenaan dengan video kreatif dan artikel.

“PMI cenderung orang menilai hanya donor darah saja. Namun, dengan adanya  kegiatan ini, akhirnya banyak masyarakat tahu, ternyata PMI itu luas cangkupan kegiatannya. Tema maupun sub tema yang diangkat dalam kegiatan kali ini, sangat relevan dengan situasi yang terjadi saat ini,” kata Abdul Fatah.

Selain lomba video kreatif dan artikel, rangkaian kegiatan HUT Ke-75 PMI, masih berlanjut dengan penganugerhan Piagam Penghargaan bagi pendonor darah yang telah mendonorkan darahnya 75 kali,  yang akan dilaksanakan di Kabupaten Belitung. (rel).

Related posts