Pulang DL Suhu Tubuh Dewan Diperiksa

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Didit Srigusjaya menginstruksikan kepada para anggotanya dan jajaran sekretariat DPRD Babel, agar melakukan pengecekan suhu tubuh sepulang dari perjalanan dinas luar (DL) khususnya dari Jakarta dan sekitarnya.

Read More

Upaya tersebut diungkapkan Didit, dilakukan sebagai bentuk pencegahan dini terhadap penyebaran virus corona atau covid-19 yang sudah mewabah.

“Terutama daerah-daerah yang sudah banyak terpapar virus corona seperti Jakarta dan Depok. Teman-teman saya kan lagi DL, maka saya sudah perintahkan bapak sekwan (Sekretaris DPRD-red) untuk beli alat untuk deteksi (thermal scanner-red), ada gak indikasi daripada virus tersebut,” kata Didit kepada sejumlah wartawan, di ruang kerjanya, Senin (16/3/2020).

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada para anggotanya agar tidak melakukan dinas luar apabila tidak ada kepentingan yang terlalu mendesak, khususnya ke daerah-daerah yang dinyatakan rawan virus corona oleh pemerintah pusat.

“Saya berharap, mari kita saling berempati terhadap permasalahan ini, saya tidak melarang mereka untuk melakukan kegiatan di luar daerah, akan tetapi daerah-daerah yang dikategorikan terdeteksi terhadap virus tersebut, ya jangan dikunjungi,” harapnya.

Terpisah, Sekretaris DPRD (Sekwan-red) Babel, Syaifuddin mengungkapkan, saat ini staf nya sedang membeli alat pendeteksi suhu tubuh seperti yang diinstruksikan oleh Ketua DPRD Babel.

“Alat pendeteksi suhu ini untuk anggota dewan dan pegawai di Sekretariat DPRD dan kalau memang diperlukan untuk tamu-tamu juga, terkait jadwal pengecekannya, nanti kita akan lihat situasi lah nanti,” ujar Syaifudin.

Terkait penundaan jadwal dinas luar anggota dewan, dia mengungkapkan, hal tersebut merupakan kewenangan dari pimpinan DPRD. “Kita tidak ada kewenangan untuk menunda atau melarang mereka (anggota dewan-red) untuk keluar daerah, artinya sepanjang jadwalnya ada dan pimpinan memberikan surat perintah tugas untuk melaksanakan tugas luar daerah, ya tidak ada alasan kami untuk melarang mereka,” tandasnya.

Terpisah, Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ferdiyansyah belum dapat memastikan apakah dinas luar (DL) anggota dewan ke Jakarta atau daerah lain akan mengalami penundaan di tengah mewabahnya virus corona atau covid-19.

“Nanti kita akan mengadakan rapat dengan teman-teman dari fraksi-fraksi lain untuk tindak lanjutnya, apakah kita tunda dulu untuk kunjungan kerja ke Jakarta, karena Jakarta ini kan pusat pemerintahan, jadi nanti teknisnya kita akan bertemu antar-fraksi,” kata Ferdiyansyah saat diwawancarai melalui telepon seluler, Senin (16/3/2020) malam.

Di sisi lain, Ferdi sapaan akrabnya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dalam mengantisipasi penyebaran virus corona yang semakin meluas di berbagai negara penjuru dunia bahkan sudah merambah ke Indonesia.

“Selain itu tetap menjaga kesehatan baik itu kesehatan lingkungan maupun kesehatan tubuh kita, kemudian mengikuti imbauan atau anjuran-anjuran dari pemerintah pusat dan daerah,” katanya.

Menurut dia, langkah pencegahan yang paling penting dalam menangkal virus ini yakni dengan menjaga pola hidup sehat.

“Pola hidup sehat harus tetap dijalankan, karena virus corona ini belum ada obatnya, jadi obatnya itu ada di dalam tubuh kita sendiri (kekebalan tubuh-red),” ujarnya.

“Seperti makan makanan yang bergizi, empat sehat lima sempurna, rajin berolahraga, dan biasakan mencuci tangan sebelum makan, memakai masker, hindari tempat keramaian” tambahnya.

Selain itu, Ferdi menambahkan, pemerintah daerah perlu mengalokasikan anggaran khusus untuk melakukan sosialisasi pencegahan virus corona.

“Karena terkait dengan sosialisasi yang akan dilakukan oleh dinas kesehatan, dengan sosialisasi ini jadi masyarakat jadi tahu, mengerti bagaimana dampak corona, bagaimana pencegahannya,” jelasnya. (ron/6)

Related posts