Pulang DL, Suhu Anggota Dewan Diperiksa

  • Whatsapp
Pegawai sekretariat memeriksa suhu tubuh anggota DPRD Babel dengan alat thermal scanner, Rabu (18/3/2020). (foto: Roni Bayu)

PANGKALPINANG – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada anggota dewan yang baru pulang dinas luar (DL), Rabu (18/3/2020). Tidak hanya itu pemeriksaan juga dilakukan kepada setiap ASN maupun honorer yang ada di lingkup DPRD Babel.

“Sesuai dengan arahan ketua bahwa kawan-kawan pulang dari dinas luar dan staf khususnya pendamping kemarin masuk kantor di skrining, periksa suhu tubuh, karena untuk menghindari dan antisipasi penyebaran covid-19, mengingat mereka baru pulang dari luar daerah,” kata Sekretaris DPRD Babel, Syaifuddin di ruang kerjanya.

Namun begitu, dia berharap, semua anggota dewan dan staf pendamping yang baru pulang dari dinas luar dalam keadaan sehat. “Semua tadi ada 11 anggota dan staf yang telah diperiksa rata-rata sehat, semua dengan suhu badan yang masih normal diangka 36 derajat celsius, kita masih menunggu anggota lainya yang akan ngantor siang ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang anggota DPRD, Dody Kusdian mengaku sangat mendukung kebijakan yang dilakukan Sekretariat DPRD Babel mengingat penyebaran virus corona sudah mulai mewabah di Indonesia. “Perantara itu adalah mobilitas penduduk, salah satunya anggota DPRD, sehingga memang perlu adanya pemeriksaan ini,” jelas Dody.

Baca Lainnya

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini menegaskan ikut mendukung instruksi dari Gubernur Babel, Erzaldi Rosman yang mengimbau untuk tidak melaksanakan DL untuk sementara waktu, apalagi disampaikan dia, anggota DPRD Babel harus menjadi contoh bagi masyarakat .

Waspada Saat DL

Senada dengan Dody, anggota DPRD Babel Johansen Tumanggor mengaku, selalu waspada terhadap penyebaran virus corona atau covid-19 yang saat ini telah merebak ke berbagai negara penjuru dunia termasuk di Indonesia.

Apalagi dijelaskan dia, sebagai anggota dewan yang sering melakukan kunjungan kerja atau dinas luar (DL) kota, sangat rentan terpapar virus corona terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya.

“Kita memang mengikuti sesuai imbauan pemerintah ketika melakukan DL ke Jakarta,” kata Johansen usai pemeriksaan suhu tubuh.

Politikus Partai Nasdem ini mengungkapkan, pada saat DL dirinya menghindari tempat-tempat keramaian dan selalu menggunakan masker terutama di ruangan yang tertutup.

“Kemudian saya lihat di fasilitas umum semua di Jakarta kemarin sudah tersedia untuk cuci tangan (hand sanitizer-red) itu, kita betul-betul gunakan ketika masuk dalam gedung,” ujarnya.

“Selain itu, hindari juga kalau masih memungkinkan angkutan umum, kita kemarin menghindari menggunakan mobil rental supaya benar-benar aman dari corona ini,” tambahnya.

Kendati demikian, disampaikan dia, hal yang paling penting dalam mengantisipasi virus ini adalah kesadaran pribadi untuk menerapkan pola hidup sehat.

Lebih lanjut, disampaikan dia, sampai saat ini Fraksi Nasdem belum mendapatkan instruksi dari pimpinan DPRD mengenai penundaan jadwal DL. “Tetapi kami mengikuti arahan dari kebijakan yang akan diambil oleh pimpinan dewan, kalau sudah ada mengarahkan, saya rasa kami pasti mengikutinya,” ujarnya. (ron/10)

Related posts