PT Timah Launching Pownis City Tour

  • Whatsapp

Riza : Naik Pownis Luar Biasa
Free Saat Weekend

PANGKALPINANG- Perusahaan tambang timah terbesar di Indonesia PT Timah (Persero) Tbk membuktikan bahwa perusahaan ini tidak hanya berkecimpung dalam dunia pertambangan semata. Melalui program Corporate Social Responsibility (SCR) nya, perusahaan BUMN ini juga turut mendukung perkembangan pariwisata Babel, dengan melaunching dua unit kendaraan jaman dulu (jadul) Pownis (Perusahaan Oto Warga Negara Indonesia), Selasa (24/1/2017) dan akan melayani rute city tour secara gratis pada Sabtu dan Minggu.

“Kehadiran Pownis ini merupakan satu niat baik dan komitmen timah untuk mendukung pariwisata di Babel. Keliling kota naik Alphard sudah biasa, kalau naik pownis itu luar biasa, saya sudah pernah nyoba dan ternyata luar biasa menyenangkan, fun dan sepanjang jalan orang liatin kita semua,” ujar Direktur Utama (Dirut) PT Timah (Persero) Tbk, M. Riza Pahlevi Thabrani.

Dalam launching Pownis ini, PT Timah mengoperasionalkan dua unit kendaraan Pownis yang siap melayani masyarakat yang ingin berkeliling dengan kendaraan jadul ini. Dua unit mobil jadul ini dikelola oleh Museum Timah Indonesia (MTI) Pangkalpinang.

“Pertama ini kita meluncurkan 2 unit, kita lihat perkembangan nanti gimana, dan dioperasikan secara reguler pada saat weekend melayani city tour, free karena kita bantu dari CSR PT. Timah,” kata Riza.

Pengelola Museum Timah Indonesia, Subuh Wibisono menambahkan, atas inisiatif dan direksi untuk membantu meningkatkan pariwisata, pengurus diminta untuk merestorasi pownis, yang dulunya menjadi icon moda transportasi di Babel, kendaraan ini beroperasi di era tahun 1970-1990, dengan ciri khas bagian kepala berwarna merah dan bagian badan berwarna kuning gading, kendaraan ini sangat melegenda, ata dasar itu kami hadirkan kembali sebagai icon pariwisata di Babel.

Dalam launching perdana, 2 Pownis yang dibeli oleh PT Timah ini mulai mengaspal mengelilingi berbagai aset PT Timah dan peninggalan sejarah, diantaranya Menara Air Minum, RSBT, Rumah Residen, Rumah Kapiten Laynamsen dan Kerkhoff.

Terimakasih PT Timah

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) sangat mengapresiasi langkah PT Timah yang kembali menghidupkan Pownis sebagai moda angkutan di Babel, setelah kendaraan ini tak beroperasi lantaran tergerus angkutan modern.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisaya Babel, Engkus Kuswanda berharap dengan kembali mengaspalnya pownis, semakin meningkatkan pariwisata di Babel.

“Sekarang Pownis ini sudah tak beroperasi karena tersaingi dengan mobil baru yang baru dan lebih nyaman. Tetapi kehadiran Pownis ini yang kembali diadakan dapat meningkatkan jumlah pengunjung wisata ke Pangkalpinang dan menjadi sejarah bahwa kendaraan ini sangat melegenda, terimakasih pada PT Timah yang sudah mendukung pariwisata di Babel,” katanya.(nov/10)
Sutrisno Gantikan Agung Nugroho

Sementara itu, dalam tubuh perusahaan terdapat pergantian jabatan Sekretaris Perusahaan PT Timah (Persero) Tbk yang sebelumnya dijabat oleh Agung Nugroho, digantikan oleh Sutrisno Tatet Dagat.

Agung mengatakan, sejak 1 Januari 2017, ia tak lagi menjabat sebagai sekretaris dan dipindahkan ke Jakarta. Ia berharap, dengan sekretaris yang baru dapat lebih mempererat hubungan komunikasi.

“Sekarang saya sudah tidak lagi menjadi Sekertaris PT Timah (Persero) Tbk Kota Pangkalpinang lagi, karena sudah digantikan dengan Sutrisno yang dulunya bertugas sebagai Direktur pada anak perusahaan yang berada di Jakarta yang bergerak di bidang investasi Sumber Daya Alam (SDA),” jelasnya.

Sekretaris Perusahaan yang baru, Sutrisno menuturkan, bahwa dirinya sangat bahagia bisa kembali lagi ke Bangka Belitung (Babel), sejak hampir 23 tahun dirinya bertugas di Jakarta menjadi direktur pada anak perusahaan.

“Disini saya hanya meneruskan saja apa yang sudah dilakukan oleh Pak Agung. Karena semua peninggalan beliau sudah baik tinggal sedikit penambahan-penambahan saja, agar perusahaan semakin maju dan berkembang lebih pesat lagi,” ucapnya, sekaligus berharap bantuan dan kerjasama teman-teman media. (nov/10)

Related posts