PT Timah Gelar Apel Akbar Bulan K3

  • Whatsapp

 

SUNGAILIAT- Apel akbar Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Bulan K3) di lingkungan PT Timah (Persero) Tbk tahun 2017 berlangsung, Rabu (22/2/2017) di Kawasan Industri Balai Karya Air Kantung Sungailiat, Kabupaten Bangka. Berdasarkan juklak Bulan K3 dari Menteri Ketenagakerjaan, tema pokok yang diangkat tahun ini adalah “Dengan Budaya K3 Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Menuju Masyarakat yang Selamat, Sehat dan Produktif”.

Menteri Ketenagakerjaan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Operasi PT Timah Tbk, M. Rizky mengatakan, Undang-Undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja mengatur dengan jelas pelaksanaan K3 di semua tempat kerja dimana terdapat tenaga kerja, hubungan kerja atau kegiatan usaha dan sumber bahaya baik di darat, di dalam tanah, di permukaan air, di dalam air maupun di udara yang berada di dalam wilayah Indonesia.

Disamping itu, tujuan K3 tidak hanya untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga untuk mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Disampaikan oleh menteri, tujuan perlindungan K3 dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang terdapat di perusahaan baik pihak manajemen perusahaan, serikat pekerja/serikat buruh dan tenaga kerja atau buruh bersama sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Diakhir sambutan tertulisnya menteri mengimbau, mengajak, dan mendorong agar semua pemangku kepentingan, pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, organisasi profesi, asosiasi, pimpinan perusahaan, pekerja, dan masyarakat lainnya, melakukan upaya-upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungannya masing-masing sehingga budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja dan masyarakat umum di seluruh tanah air.

Sekretaris Perusahaan PT TIMAH (Persero) Tbk Sutrisno S. Tatetdagat mengatakan kegiatan apel akbar Gernas K3 merupakan bentuk ketaatan dan kepatuhan Perusahaan terhadap peraturan K3.
Apel menurut dia, sangat penting dilakukan dalam rangka untuk selalu menyadarkan dan mengingatkan karyawan mengenai peran K3 dalam dunia kerja. Hal ini juga selaras dengan peraturan perundangan yang berlaku, khususnya UU No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Usai apel, dilaksanakan juga beberapa perlombaan diantaranya lomba pemadaman api dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), Lomba Tema K3 dan simulasi pemadaman kebakaran. Selain internal PT Timah, apel akbar Bulan K3 ini dihadiri sejumlah pemangku kepentingan dari dinas pemerintahan kabupaten dan propinsi, mitra usaha serta tokoh pemuda dan masyarakat.

Kampanye Bulan K3 Nasional oleh Pemerintah RI dilaksanakan setiap tanggal 12 Januari hingga 12 Pebruari setiap tahunnya. Untuk lingkungan PT Timah Tbk dan anak usahanya, kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 1984. (rls/10)

Related posts