PT Garba Tantang Pedagang ke Jalur Hukum

  • Whatsapp

Tetap Ngotot Minta Bayar dan Segel Kios

SUNGAILIAT – Polemik antara pedagang di kios Plaza Taman Sari Sungailiat dengan pengelola yakni PT Garba yang dimediasi oleh DPRD Kabupaten Bangka, hingga kemarin belum menemui titik temu. PT Garba yang menaikan harga sewa kios secara sepihak, masih tetap ngotot dan melakukan penyegelan terhadap kios pedagang yang menolak harga baru tersebut.

Sedangkan pedagang kios tentu saja menolak karena kenaikan harga yang dilakukan pengelola melanggar perjanjian kontrak sebelumnya dimana dalam kontrak tersebut harga sewa sebulan Rp750 ribu perbulan dan berlaku untuk setahun. Namun baru berjalan tiga bulan, PT Garba menaikan secara tiba-tiba dengan harga Rp1 juta perbulan.

Untuk menyelesaikan polemik tersebut, DPRD Bangka mencoba memediasi kedua belah pihak dan mendatangkan pihak PT Timah selaku pemilik asset kawasan Taman Sari. Akan tetapi ternyata mediasi yang dilakukan beberapa hari lalu tidak menemukan titik temu.

Kuasa hukum pedagang kios Taman Sari, Zaidan mengatakan pihaknya hanya meminta pengelola tetap mengikuti perjanjian yang ditandatangani oleh pihak PT Garba dan masing-masing pedagang.

“Kita hanya minta pengelola untuk mengembalikan sesuai dengan harga sewa sesuai dengan perjanjian kontrak. Setelah kontraknya berakhir, terserah pengelola untuk menentukan harga selanjutnya,” ungkap Zaidan.

Meski meminta demikian, pensiunan polisi itu menegaskan pihaknya akan tetap melanjutkan kasus hukum yang sudah dilaporkan pedagang ke pihak kepolisian. Dan untuk diketahui pengelolaan Taman Sari oleh PT Garba akan berakhir pada 30 Agustus 2019 ini.

“Soal sewa kios kita minta kembali harga kontrak, tapi perkara hukum yang sudah kita laporkan tetap akan kita lanjutkan sesuai hukum yang berlaku,” tambahnya.

Terpisah, penasihat hukum PT Garba, Agus tetap meminta hak dan kewajiban pihaknya untuk menerima uang sewa dari para pedagang. “Kita minta pembayaran hutang dari para pedagang ini cuma itu saja. Kalau tidak terima silahkan melalui jalur hukum,” tegasnya. (mla/1)

Related posts