Promkes dan Semprotan Disinfektan PMI Babel Susur Desa Kurau

  • Whatsapp
Relawan PMI Babel menyemprotkan cairan disinfektan ke fasilitas publik di Desa Kurau. (foto: ist/dok.pmi babel).

RAKYAT POS. COM, BANGKA TENGAH – Tak mengenal lelah. Inilah kata-kata yang layak dilontarkan kepada para relawan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membantu pemerintah dalam bidang kemanusiaan, baik diminta maupun tidak diminta oleh masyarakat.

Seperti pada Senin (6/4/2020), untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19) melalui promosi kesehatan (Promkes) dan penyemprotan cairan disinfektan, relawan PMI Babel menyusuri pemukiman dan fasilitas publik yang ada di Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Babel.

Read More

Dari 4 relawan yang diterjunkan ke Desa Kurau, 3 relawan bertugas melakukan penyemprotan disinfektan dan 1 orang relawan melakukan promosi kesehatan.

Kepala Desa Kurau, Jasila mengatakan, pihaknya sebelum ini telah melakukan penyemprotan secara massal. Namun, ada sejumlah titik perumahan warga yang sulit di akses.

“Karena ada beberapa titik rumah warga yang sulit kami akses untuk lakukan penyemprotan, maka kami meminta bantuan PMI Babel dengan peralatan yang mereka miliki untuk bisa menjangkau sejumlah titik tersebut,” ujar Jasila.

Jasila menyampaikan terima kasih kepada PMI Babel melalui relawannya, telah memberikan bantuan kepada masyarakatnya untuk melakukan pencegahan terhadap Covid-19.

Kepala Markas PMI Babel, Mardani membenarkan bahwa aksi kemanusiaan relawan PMI Babel yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Desa Kurau memang atas dasar permintaan dari Perangkat Desa setempat.

“Kami menerjunkan 4 personil ke Kurau. 3 orang melakukan penyemprotan, dan 1 orang melakukan promosi kesehatan,” ungkap Mardani.

Selain di Kurau, di hari yang sama, disebutkan Mardani, PMI Babel juga menerjunkan relawannya melakukan promosi kesehatan dan penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas publik di Kota Pangkalpinang diantaranya SD Pangkalarang, TPA Miftahul Ulum, TPA Dhiya Ul-Haq, TPA Yaumil Babussalam, TPA At-Taufi1, Masjid Baitul Amin, dan Kantor PT Lintasarta Kacang Pedang.

Giat ini, dijelaskan lebih lanjut oleh Mardani, merupakan bagian dari pada 6 pokok layanan yang diinstruksikan langsung oleh PMI Pusat, antara lain Promosi Kesehatan, Penyemprotan Disinfektan, Program Dukungan Psikososial, Ambulans Gawat Darurat, Pusat Informasi dan Perawatan Keluarga.

Related posts