Program KB harus Kembali Digalakkan

  • Whatsapp

Dua Anak Perhatian Ortu Lebih Fokus

Pangkalanbaru – Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) Republik Indonesia (RI), Surya Chandra Surapati menegaskan, program KB harus kembali digalakkan oleh semua daerah termasuk di Bangka Belitung (Babel) untuk menekan angka kelahiran yang berdasarkan survey demografi pada tahun 2012 lalu masih 2,6.

Hal ini ditegaskan Surya ketika jumpa pers di Novotel, Selasa (11/4/2017). Ia menyebutkan, program KB dengan dua anak cukup harus betul-betul silaksanakan.

“Galakkan kembali program KB, meningkatkan kualitas manusia Indonesia, meningkatkan kesehatan ibu dan anak, supaya ibu jangan dibebani dengan anak, dua cukup, angka kelahiran total masih 2,6 artinya mendekati tiga, makanya nanti diharapkan bisa turun menjadi 2,3,” tegasnya.

Ia meminta, agar pemakaian alat kontrasepsi dapat digunakan dan terus disosialisasikan agar semakin banyak masyarakat yang paham akan pentingnya KB.

“Anak yang ada itu butuh pendidikan, perhatian orangtua, sehingga dengan anak dua perhatian orangtua bisa lebih fokus pada anak menjadi anak berkualitas, ibu gak boleh stres dalam menjaga anak,” tandasnya.

Surya menegaskan, dalam rapat kerja Nasional yang digelar di Babel, mengedepankan revolusi mental untuk merubah pola pikir dan membentuk manusia.

“Tantangan semakin bertambah, bukan hanya kuantitas tapi kualitas penduduk yang harus dipikirkan, makanya perlu revolusi mental,” tukasnya.

Ia berharap, melalui rakernas ini dapat menyamakan persepsi dan visi misi sehingga KKBPK bisa berhasil.(nov/3).

Related posts