Produksi Perikanan Tangkap Bateng Capai 23 Ton

  • Whatsapp

KOBA – Produksi perikanan tangkap di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) pada tahun 2016 mencapai 23.606,50 ton. Produksi tersebut, melebihi target yang ditetapkan sebesar Rp19.795,70 ton atau dengan persentase pencapaian 119,25 persen.

“Produksi perikanan tangkap kita melebihi dari target yang ditetapkan hingga akhir tahun sebesar 19.795,70 ton atau pencapaiannya sebesar 119,25 persen,” ujar Kepala Dinas Perikanan Bateng, Dedi Muchdiyat di Koba saat dikonfirmasi Rakyat Pos kemarin.

Dikatakannya, penyebab tingginya realisasi produksi perikanan tangkap Bateng dipengaruhi oleh para nelayan yang sudah menggunakan alat tangkap yang lebih memadai.
“Pada tahun ini, kami menetapkan target lebih besar lagi, dan kami optimistis bisa mencapainya, mengingat hasil tangkap cukup banyak yang didukung peralatan lebih memadai,” terangnya.

Ia menuturkan, pemerintah daerah sekarang lebih konsentrasi melakukan pemberdayaan masyarakat pesisir dengan terus melakukan pembinaan dan menyalurkan bantuan.

“Seperti, adanya bantuan kapal dengan daya jelajah yang lebih memadai agar hasil tangkapan ikan para nelayan lebih banyak untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” ucapnya.

Ia menambahkan, selain itu nelayan Bateng diberikan jaminan asuransi berupa kartu asuransi nelayan yang sudah dibagikan kepada nelayan yang tergabung dalam kelompok.

“Para nelayan juga diberikan kartu nelayan untuk memudahkan pemerintah daerah melakukan pendataan jumlah nelayan di daerah itu,” tukasnya. (ran/3).

Related posts