Produk UMKM Bateng Perlu Sertifikasi Halal

No comment 65 views

Ketua DPRD Minta MUI dan BPOM Bantu

KOBA – Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Algafri Rahman meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bangka Belitung supaya membantu mengeluarkan izin lisensi halal untuk produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Terlebih saat ini pelaku UMKM di Bangka Tengah berkembang sangat pesat, sehingga perlu ada sertifikasi halal untuk produknya.

“Kita melihat dari kemasannya sudah baik, tinggal bagaimana membantu mereka untuk bisa menjadi kompetitor yang baik dibidang seperti ini. Salah satunya dukungan untuk menampilkan lisensi halal dalam setiap produk UMKM,” ujar Algafri Rahman usai melihat pameran produk-produk UMKM Bateng pada kegiatan Bursa Inovasi Desa di Gedung Serbaguna Bateng.

Dikatakannya, perlu ada langkah-langkah konkrit untuk memasarkan produk UMKM masyarakat Bateng, karena konsumen juga melihat produk tersebut apakah sudah ada lisensi halal atau belum. Hal itu sangat berpengaruh terhadap pemasaran produk pelaku UMKM.

“Kadang konsumen yang berbelanja ke supermarket gak jadi beli karena tidak ada lebel halalnya. Jangan sampai hal ini terjadi, karena itu sangat utama dan penting,” ungkapnya.
Ia juga meminta kepada Gubernur Babel bekerjasama memberi kesempatan kepada Bupati Bateng dalam membantu UMKM terkait lisensi halal tersebut. Selain itu, merekomendasikan BPOM untuk membantu pengecekan kesehatan, dan perizinan lainnya.
“Tanpa ada dukungan dari Pemerintah Provinsi, produk UMKM di Bateng akan lambat perkembangannya, makanya perlu ada lisensi halal,” tandas dia.

Terpisah, Darna salah satu pelaku UMKM dari Desa Nibung mengaku produk yang dijualnya saat ini belum memiliki lisensi halal dan belum terdapat komposisi dalam kemasan.

“Kami berharap supaya produk yang kami buat ini bisa dipasarkan dan diterima masyarakat. Untuk lisensi halal, kita juga minta agar dapat dibantu untuk mendapatkannya,” ujar Darna yang merupakan penjual kopi lada dan kripik lada. (ran/1)

No Response

Leave a reply "Produk UMKM Bateng Perlu Sertifikasi Halal"