Prabowo Menang Pilpres 64,60 Persen

  • Whatsapp
Tampak 2 petugas kepolisian menjaga pengembalian kotak dan bilik suara ke KPU Bangka oleh PPK Puding Besar, Rabu (24/4/2019). (foto: Rizki)

Di Kecamatan Puding Besar, Bangka
Jokowi Peroleh 33,53 Persen Suara

SUNGAILIAT – Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 (Prabowo Subianto-Sandiaga Uno) menang telak dalam Pilpres 17 April 2019 di Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Dari hasil rapat pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Puding Besar, Prabowo-Sandi meraih suara terbanyak 64.60 persen dengan total suara 7.499. Sedangkan, pasangan nomor urut 01, Joko Widodo – Maruf Amiin hanya mendapatkan 33.53 persen atau 3.893 suara.
Ketua PPK Puding Besar, Abdul Rosid mengatakan dari total yang menggunakan hak suaranya, hanya 217 suara dinyatakan tidak sah dalam pemilihan presiden 2019-2024.
“Total yang ikut milih ada 11.392 suara dari tujuh desa yang ada di Kecamatan Puding Besar,” ungkapnya kepada Rakyat Pos, Rabu (24/4/2019).
Dari tujuh desa tersebut, Jokowi-Ma’ruf Amin hanya menang di dua desa saja yakni Desa Saing dan Desa Kotawaringin. Sementara lima desa lainnya yakni Kayu Besi, Puding Besar, Labu, Nibung dan Desa Tanah Nawah dimenangkan oleh Prabowo-Sandi.
“Kemenangan 02 terbesar di Kecamatan Puding Besar ini ada di Desa Puding, Labu dan Nibung yang masing-masing diatas seribu suara. Bahkan di Puding Besar mencapai diatas dua ribu suara,” terang Rosid.
Ia juga mengatakan tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di Kecamatan Puding Besar pada Pemilu Serentak Pilpres dan Pileg 2019 ini sangat luar biasa tinggi. Bahkan mencapai 90,17 persen.
“Kalau hitungan kita mencapai 90,17 persen atau 11.609 orang dari 12.874 DPT yang ada,” tambahnya.
Saat ini pihaknya sudah menyerahkan 281 kotak suara dan 26 bilik suara ke KPU Bangka, setelah selesai mengelar pleno ditingkat PPK.
Puding Besar menjadi kecamatan pertama yang menyelesaikan pleno dan mengirimkam kotak dan bilik suara ke KPU Bangka. Rapat pleno itu dilakukan selama empat hari mulai dari tanggal
19 sampai 23 April 2019 jam 12 malam. Dan PPK kemarin sudah mengirimkan hasil pleno ke KPU.
Selama pleno, tidak ditemui kendala yang berarti namun memang harus memakan waktu karena memang ada lima pemilihan yakni Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Bangka.
Diakui Rosid, memang ada beberapa kesalahan rekapituliasi antara salinan berita acara dengan saksi sehingga membuat mereka melakukan pengecekan ulang.
“Kalau ada kesalahan, kami cari solusinya bersama. Saat pleno itukan ada saksi dan pengawas, jadi kita cari jalan tengahnya salah satunya dengan pengecekan ulang. Kita kerja siang malam jadi ada beberapa kesalahan,” terang Rosid.
Sementara itu, anggota KPU Bangka, Iman Supiar mengatakan pihaknya baru menerima satu kecamatan yang mengirimkan hasil pleno tingkat PPK.
“Kabarnya Kecamatan Bakam, Pemali dan Merawang juga sudah selesai dan akan segera dikirimkan ke sini (KPU). Kami akan tunggu sampai semuanya selesai,” ungkapnya.
Untuk kecamatan lainnya saat ini masih dalam proses pleno seperti Kecamatan Riau Silip, Mendo Barat, Belinyu dan Sungailiat.
“Mendo Barat masih lima desa lagi. Yang paling banyak itu Sungailiat dan mungkin butuh waktu agak lama,” terang Iman.
Pihaknya selalu mendorong semua PPK untuk menyelesaikan pleno segera, mengingat batas waktu yang dikeluarkan KPU RI semakin sedikit.(mg419/1)

Related posts