Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

PP Ambulans PMI Pangkalpinang Siaga di Area Lapangan Upacara HUT RI

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG - Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 disambut dengan menggelar aksi donor darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Pangkalpinang semata, akan tetapi juga menyiagakan Personel atau Relawan Pertolongan Pertama (PP) Ambulans di area Lapangan Upacara HUT RI tingkat Kota Pangkalpinang.

Sekretaris PMI Kota Pangkalpinang, Wahyono mengatakan, Posko PP Ambulans sengaja disiagakan dan dibuka dalam rangka memberikan pertolongan pertama kepada peserta upacara 17 Agustus yang sakit dan membutuhkan pertolongan medis dasar.

Para personel yang diterjunkan, untuk mendukung lancarnya pelaksanaan Upacara HUT RI ke-75 ini, kata Wahyono, sebanyak 10 orang, dan terbagi kedalam dua shift, yakni shift Upacara Kenaikan Bendera dan Upacara Penurunan Bendera.

Tenaga Relawan yang disiagakan ini, menurut Wahyono, adalah para tenaga yang telah di didik dan dibekali dengan ilmu penanganan medis dasar atau Pertolongan Pertama.

Pertolongan Pertama diberikan dengan tujuan mempertahankan penderita tetap hidup atau terhindar dari maut; membuat keadaan penderita stabil; mengurangi rasa nyeri, ketidak-nyamanan dan rasa cemas; dan menghindarkan kecatatan yang lebih parah.

"Posko PP Ambulans ini, dilakukan PMI Pangkalpinang setiap tahun. Meskipun tidak ada keluhan dari peserta upacara, namun kami tetap siaga sejak dari mulai upacara kenaikan bendera di pagi hari, maupun saat penurunan bendera di sore hari," ungkap Wahyono.

Petugas PMI yang diturunkan ini, ditambahkan Wahyono, tergabung dalam Tim Medis Dinkes Kota Pangkalpinang, yakni dari Puskesmas Girimaya dan Pasir Putih.

"Tugas PMI salah satunya mendukung kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah, seperti contohnya membantu Tim Medis di kegiatan kenaikan dan Penurunan Bendera HUT RI," pungkas Wahyono.(rel).

Diatas Footer
Light Dark