Posisi PT Pulomas Diujung Tanduk

  • Whatsapp
Bupati Bangka, Mulkan

Pengerukan Muara PPN Akan di Lelang
Bupati Tunggu Hasil Audit

SUNGAILIAT – Sepertinya posisi PT Pulomas Sentosa sedang berada diujung tanduk. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Bangka akan melakukan lelang dalam pengerukan alur muara air kantung Pelabuhan Sungailiat, yang sudah bertahun-tahun dilakukan PT Pulomas.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Bupati Bangka, Mulkan, Sabtu (7/9/2019). Menurutnya pihaknya justru lebih memilih melakukan pelelangan dengan pihak ketiga untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Kalau memang seandainya nanti ada beberapa perusahaan yang berminat melakukan pengerukan alur muara itu, kita bisa buatkan sistem lelang untuk pengerjaan pengerukan alur itu, karena sistem lelang akan membuat semuanya lebih transparan dan fair. Kami lebih cenderung dengan sistem lelang, siapa yang berani lebih tinggi dan berani itu menjadi kesempatan bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD,” ungkapnya.

Namun saat ini pihaknya masih melakukan audit terhadap PT Pulomas Sentosa yang bertanggung jawab terhadap alur muara tersebut beberapa tahun ini. “Kita masih menunggu kajian-kajian dan evaluasi dari tim verifikasi kami nanti,” tambah Mulkan.

Ia mengatakan bahwa tidak ada pegawainya (ASN) yang bermain belakang dengan PT Pulomas Sentosa selama ini.

“Saya rasa tidak ASN di Pemkab Bangka yang turut bermain di perusahaan itu. Kita dari pemerintah ini hanya sekedar mendukung daripada operasional dan kelancaran dari PT Pulomas Sentosa tersebut. Saya rasa wajar kalau pemda mendukung tapi bukan bersifat personal,” terangnya.

Dukungan tersebut dilakukan pemda untuk menjaga dan melindungi investor agar tetap berinvestasi di Kabupaten Bangka.

“Kita juga memberi kepastian hukum, jangan sampai investor kita kapok dan tidak ingin berinvestasi di Kabupaten Bangka, ini bisa menyebabkan preseden buruk jika kita tidak bisa memberikan kepastian hukum,” imbuhnya.

Mulkan mengatakan kepastian hukum tersebut berlaku untuk semua investor di Kabupaten Bangka. (mla/6)

Related posts