Ponpes Al-Islam Kemuja Juara Umum Pospeda

  • Whatsapp
Kontingen Ponpes Al-Islam Kemuja pada Pospeda tingkat Kabupaten Bangka. (foto: Riski Yuliandri)

Raih Sembilan Emas

SUNGAILIAT – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Islam Kemuja, Kecamatan Mendo Barat berhasil meraih juara umum di ajang Pekan Olahraga dan Seni AntarPondok Pesantren Daerah (Pospeda) tingkat Kabupaten Bangka yang diselenggarakan di Sungailiat pada 9-10 September 2019.

Ponpes Al Islam meraih juara umum setelah berhasil menggondol 9 emas, 7 perak dan 6 perunggu disusul Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center Sungailiat dan Pondok Pesantren Darul Abror Kace harus puas berada di peringkat ketiga.

Pelatih Seni Kaligrafi Ponpes Al-Islam, Ustaz Azwar mengatakan bahwa prestasi yang diraih oleh santrinya merupakan hasil kerja keras dan latihan selama belajar di pesantren.

Pada Pospeda tahun ini, Ponpes Al Islam, katanya membawa 40 atlet putra dan putri, 11 pelatih dan 2 official.

“Ini (juara umum-red) merupakan prestasi yang luar biasa dan memiliki nilai bagi para santri Pondok Pesantren untuk berprestasi dalam dunia olahraga dan seni,” ungkap Azwar kepada wartawan, Rabu (11/9/2019).

Pospeda Bangka 2019 diikuti oleh 12 pondok pesantren dan mempertandingkan sembilan cabang lomba, yakni lima cabang seni dan empat cabang olahraga putra dan putri.

Sejumlah cabang yang dilombakan yakni atletik, pencak silat, futsal, senam santri, pidato tiga bahasa, seni lukis islami, lomba cipta dan baca puisi, seni kaligrafi Islam dan stand up comedy.

Kasi PD-Pontren Kemenag Kabupaten Bangka, Syaiful Zohri menyampaikan bahwa kegiatan tersebut selain sebagai ajang kompetisi, juga sebagai ajang silaturahmi antarpondok pesantren se- Kabupaten Bangka.

Menurutnya, para santri yang berhasil meraih medali emas berhak melaju ke Pospeda tingkat provinsi mewakili Kabupaten Bangka pada 23-27 September 2019 mendatang di Pangkalpinang.

“Selanjutnya jika berhasil menjadi juara di tingkat provinsi diikutsertakan ke Pospenas di Provinsi Jawa Barat pada November 2019 mendatang,” terang Syaiful.(mla/10)

Related posts