by

Pongok & Pulau Lepar jadi Perhatian TNI-Polri

Kapolres Bangka Selatan bersama Dandim Bangka, meninjau Kantor KPU Bangka Selatan, ingin memastikan kesiapan penyelenggara Pemilu 2019, dalam hal pendistribusian logistik, surat suara, kotak suara, bilik suara, sehingga bisa disimpulkan potensi kerawanan apa yang akan terjadi pada saat pencoblosan 17 April mendatang.(foto: dedi).

TNI-Polri Sinergi Kawal Pemilu
398 Koli Surat Suara Telah Tiba

TOBOALI – Kapolres Basel AKBP Aris Sulistyono mengatakan TNI-Polri bersinergi dalam mengawal Pemilu 2019. Menurutnya, TNI dan Polri telah menyelenggarakan apel gelar pasukan kesiapan kegiatan kampanye terbuka dan pemungutan suara.

Bentuk sinerginya dimulai dari kegiatan yang bersifat teknis, pelatihan bersama, koordinasi, kolaborasi dan kegiatan pengamanan. Demikian dikatakan Kapolres Basel, Jumat (22/3/2019) usai Apel Gelar Pasukan di Halaman Kantor Bupati Basel.

Pengamanannya, sebut dia, baik dilakukan secara terbuka maupun tertutup. Sehingga TNI dan Polri telah mulai melakukan patroli bersama di Kantor KPU, tempat berpotensi rawan, sambang bersama di tokoh masyarakat untuk mengajak agar Pemilu 2019 berjalan dengan aman, lancar dan damai.

“Yang pastinya titik khusus (rawan, red) di wilayah kepulauan seperti di Pongok dan Pulau Lepar. Kurang lebih ada 40 TPS yang mana faktor jarak itulah jadi perhatian dari TNI dan Polri yang akan ikut melakukan pengamanan pemungutan suara,” ungkap Perwira melati dua tersebut.

Polres Basel dalam mengamankan Pemilu 2019 sudah mempersiapkan sekitar 162 personel yang akan menjaga di 500 lebih TPS yang tersebar di Basel. Sedangkan TNI turut mempersiapkan personel bantuan.

Saat ini, kondisi saat ini secara keseluruhan dalam keadaan aman dan terkendali. “Kami menyiapkan kurang lebih 58 personel untuk membackup polres dalam mengamankan jalannya pemilu sampai pengumuman. Apel tadi, kita sudah cek kesiapan personel maupun materil, jadi kami ingin memastikan pemilu dengan juga langsung ke kantor KPU,” timpal Dandim 0413 Bangka Letkol Arm Riski Budianto.

Pihaknya, dari Kodim 0413 Bangka bersama Kapolres Basel beserta jajaran dengan mendatangi Kantor KPU juga ingin memastikan kesiapan penyelenggara Pemilu. Dalam pendistribusian logistik, surat suara, kotak suara, bilik suara, sehingga bisa disimpulkan potensi kerawanan apa yang akan terjadi pada saat pencoblosan nanti.

Terpisah, surat suara yang akan digunakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) telah tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Basel, Kamis (21/3/2019) sekira pukul 16.00 WIB.

Surat suara yang telah tiba tersebut terdiri dari tiga jenis. Diantaranya surat suara DPR RI, DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) dan DPRD Basel dengan jumlah 398 koli yang dibawa oleh kendaraan mobil truck masing-masing 204 koli dan 194 koli.

“Dua truck yang membawa surat suaranya tiba serentak, sekitar jam empat lebih tadi sore. Sementara untuk surat suara Pilpres dan DPD akan menyusul, saat ini masih dalam perjalanan ke Babel dari Jakarta,” ujar Ketua KPU Basel Amri didampingi Komisioner Hery, Kamis (21/3/2019) malam. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU