Polsek Jebus Kembali Bubarkan Aksi Balapan Liar

  • Whatsapp
Jajaran dari Polsek Jebus memberikan nasehat kepada sejumlah muda-mudi yang ikut menyaksikan balapan liar di area Parit Tiga dan Jebus.(foto: istimewa).

Digelar Setelah Tarawih & Sholat Subuh
Sejumlah Kendaraan Disita Polisi

JEBUS – Polsek Jebus, Kamis (9/5/2019) pagi, kembali membubarkan aksi balapan liar yang terjadi di seputaran wilayah Kecamatan Parit Tiga dan Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat.

Dalam kegiatan pembubaran aksi balapan liar yang berlangsung sekitar Pukul 05.00 Pagi tersebut, jajaran Polsek Jebus juga berhasil sejumlah kendaraan para pelaku balapan liar, dan langsung membawanya ke Mapolsek Jebus.

Untuk memberi efek jera, kendaraan pelaku balap liar disita, dan baru bisa diambil atau diurus pemiliknya setelah lebaran Idul Fitri nanti.

Balap liar dilakukan oleh kaum muda-mudi ini, kerap terjadi sejak Ramadhan Pertama. Biasanya, balap liar ini digelar seusai shalat tarawih dan shalat subuh.

Balapan liar sendiri dikeluhkan warga sekitar dan pengendara jalan yang melintas, karena membahayakan pelaku dan masyarakat.

Dodi (35) salah seorang warga Bukit Lintang sangat Mendukung apa yang dilakukan Polsek Jebus. “Kami sangat mendukung Pak Kapolsek Jebus. Mereka sangat mengganggu (balap liar) pak, dan informasinya kendaraan habis lebaran dikeluarkan. Saya juga sangat mendukung, itu sudah resiko mereka. Coba kalau mereka balap liar terus kecelakaan, kan mereka sendiri yang rugi, tapi kalau orang lain yang jadi korbankan kasihan Pak,” kata Dodi.

Warga berharap agar pihak kepolisian rutin menggelar patroli dan menempatkan personelnya di lokasi yang menjadi arena balap liar.

Kapolsek Jebus AKP Andi Purwanto seizin Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto mengatakan, balapan liar sangat membahayakan tidak hanya pelaku, tapi juga masyarakat pengendara jalan yang melintas karena dilakukan di jalan yang ramai kendaraan.

Kapolsek berharap masyarakat dan orang tua agar lebih mengontrol anak-anaknya yang sedang keluar rumah.
“Mari kita ciptakan dan manfaatkan bulan Ramadhan ini, untuk meningkatkan keimanan dan amal ibadah kita,” ajak Kapolsek.

Saat ini, sudah 56 unit Motor sudah diamankan di Polsek Jebus, hasil dari penertiban di sejumlah titik yang sering jadi aksi balap liar, seperti di Jalan Perumnas, Jalan Parit 4, Jalan Kantor Pos dan Jalan Rambat.(wan/3).

Related posts