Polres Basel Gelar Polisi Sahabat Pelajar

  • Whatsapp

Wabup Apresiasi Program Polres

TOBOALI – Kepolisian Resort Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pekan depan akan menggelar kegiatan bertajuk Polisi Sahabat Pelajar. Program ini bertujuan untuk mengedukasikan pelajar tentang nilai nilai etika dan Kamtibmas.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP S Ferdinand Suwarji mengatakan, progam ini dilaksanakan karena dalam beberapa pekan terakhir pelanggaran hukum didominasi pelajar dan anak dibawah umur.

“Saya sangat beberapa minggu ini ada terjadi pelanggaran hukum yang melibatkan pelajar dan anak dibawah umur, untuk itu kami akan turun langsung ke sekolah sekolah untuk mengedukasikan para pelajar terkait pelanggaran hukum dan kamtibmas,” jelas Ferdinand Kamis (3/10/2019).

Ia mengatakan program Polisi Sahabat Pelajar ini akan dilaksanakan di 29 sekolah tingkat SLTA dan SLTP secara bergantian dan dimulai pada pekan depan dengan melibatkan PJU Polres Bangka Selatan dan jajaran.

“Program Polisi Sahabat Pelajar ini kami mulai senin ini dan akan dilaksanakan setiap satu minggu sekali, jadi saya bersama dengan PJU dan kapolsek akan ke sekolah akan memberikan edukasi positif kepada pelajar,” katanya.

Selain itu, guna membangun kedekatan dengan dunia pendidikan polres Bangka Selatan juga akan menugaskan PJU untuk melakukan pembinaan secara intensif dengan sekolah melalui tenaga pendidik lembaga pendidikan tersebut.

“Saya berencana meminta PJU dan Kapolsek membangun hubungan intens dengan sekolah, jadi ketika ada permasalahan para guru memiliki tempat untuk menyampaikan problem yang dihadapi terutama terkait pelanggaran kamtibmas,” ujar dia.

Ia menambahkan, Polres Bangka Selatan berencana melakukan cek urine pelajar untuk mengantisipasi peredaran narkoba di kalangan pelajar.

Terpisah, Wakil Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid mengapresiasi program Polres Basel yang bertajuk Polisi Sahabat Pelajar. Riza berharap melalui program ini polisi akan lebih dekat dengan pelajar dan masyarakat sehingga persoalan-persoalan yang terjadi di dunia pendidikan dapat dengan cepat dicegah oleh kepolisian.

Saat ini, kata Wabup penyalahgunaan narkotika berusaha masuk ke dunia pendidikan khususnya pelajar sehingga dengan program Polisi Sahabat Pelajar ini, Polres Basel dapat mencegah sejak dini.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi program ini, dan mungkin bisa bersinergi dengan Pemkab Basel melalui OPD terkait seperti Satpol PP yang saat ini juga turun ke sekolah melakukan pembinaan agar siswa tidak bolos pada jam belajar,” terang Riza.

Ia mengungkapkan, usia pelajar tingkat SMP dan SMA butuh pembinaan intens agar waktu yang luang dapat dimanfaatkan dengan kegiatan yang positif. “Perbanyak kegiatan olahraga, keagamaan serta kegiatan ekstrakurikuler lainnya, seperti Pramuka, PMR, Olahraga, sehingga para pelajar terhindar dari kegiatan yang dapat menjerumuskannya ke hal-hal negatif,” pungkasnya. (raw/3)

Related posts