Polres Basel Berikan Binrohtal Bahaya Radikalisme

  • Whatsapp
Jajaran Kepolisian Resort Bangka Selatan foto bersama usai Pembinaan Kerohanian dan Mental di Masjid Raudathul Jannah Polres Bangka Selatan, Senin (07/10/2019) pagi. (foto: dedy).

Pejabat Utama Irup di 27 Sekolah

TOBOALI – Kepolisian Resort Bangka Selatan memberikan Pembinaan Kerohanian dan Mental (Binrohtal) di Masjid Raudathul Jannah Polres Bangka Selatan, Senin (07/10/2019) pagi. Binrohtal menghadirkan Ustadz Adi Abdilah dalam memberikan tausiyah.

Kaporles Basel AKBP Ferdinand Suwarji menjelaskan tentang bahayanya akibat dari pemahaman radikal yang akan berpengaruh pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, selama ini, untuk wilayah Bangka Selatan memang belum ditemukan tanda-tanda penyebaran paham radikalisme, namun kewaspadaan tetap harus dilakukan.

Ia berharap melalui Pembinaan Kerohanian dan Mental tentang Bahaya radikalisme bagi agama dan negara, seluruh anggota paham serta mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya faham radikalisme bagi agama dan negara

Sementara itu, dalam ceramahnya, Ustad Adi Abdillah mengatakan paham radikalisme dapat dicegah dengan pendekatan religius keagamaan, akan bahaya paham radikalisme.

“Pendekatan ini bisa dimulai dengan ceramah keagamaan pada lingkungan sekitar, serta dapat pula disampaikan pada materi khotbah Jumat,” ujarnya.

Islam katanya, merupakan agama yang mengajarkan kasih sayang. Oleh karenanya, dirinya mengajak, untuk menebarkan kasih sayang antar sesama manusia. “Kita harus saling menyayangi antar sesama manusia,” katanya.

Terpisah, selain Kapolres Basel yang turun pada kegiatan Polisi Sahabat Pelajar, para Pejabat Utama Polres Bangka Selatan serta jajaran juga secara serentak turun di 27 sekolah SMP dan SMA di Basel.

Pada program ini, mengajak para pelajar sebagai pilar dan aset bangsa senantiasa menghindari dan menjauhi hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

“Total sekolah ada 27 sekolah yang pagi ini didatangi pejabat utama perwira Polres menjadi irup, baik tingkat SMP maupun SMA dan serentak pula dilaksanakan di wilayah hukum Polres Bangka Selatan, Program Polisi Sahabat Pelajar,” ujar Kapolres.

Ia menambahkan, program Polisi Sahabat Sekolah dilaksanakan juga dalam momen menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. “Sehingga ke depan kita makin mendekatkan diri dengan genersi muda yang selama ini terkesan mereka segan akan polisi,” ungkap Kapolres.

Sementara Kepala SMA Negeri 1 Toboali, Aspandi, memberi apresiasi atas kehadiran Kapolres Bangka Selatan memimpin upacara yang diikuti seluruh Siswa siswi serta para tenaga pendidik SMA 1.

Ia berharap program ini menjadi motivasi bagi siswa didik untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sebagai generasi muda penerus bangsa. (raw/3)

Related posts