Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Tambang Liar

  • Whatsapp
Kapolres mengumumkan penetapan tiga orang tersangka pada kasus penambangan liar bijih timah di kaki Bukit Menumbing Mentok.(foto: ant)

MENTOK – Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menetapkan tiga orang tersangka pada kasus penambangan liar bijih timah di kaki Bukit Menumbing Mentok.

“Penetapan sebagai tersangka kepada para pelaku merupakan salah satu bukti keseriusan kami dalam menegakkan aturan dan menjaga kelestarian Bukit Menumbing,” kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Senin (13/1/2020).

Muat Lebih

Ia menjelaskan, para pelaku ditangkap tim gabungan pada Sabtu (11/1/2020) sekitar pukul 15.30 WIB saat sedang melakukan aktivitas penambangan liar pola tambang inkonvensional.

Tiga pelaku tersebut, masing-masing berinisial PR (22) warga Desa Tirtalaga, Mesuji, Lampung, Da (42) warga Terminal Mentok dan So (43) warga Desa Airlimau, Mentok.

Dalam penangkapan di lokasi tambang kebun durian yang berada di kaki Bukit Menumbing itu, tim gabungan menemukan sejumlah barang bukti berupa satu unit mesin tambang inkonvensional, mesin semprot tanah, mesin air, pipa plastik berbagai ukuran dan alat serta perlengkapan tambang lain.

“Saat ini tim Satuan Reskrim sedang melakukan pengembangan dan pemeriksaan terhadap para pelaku, sedangkan barang bukti disita di Mapolres Bangka Barat,” ujarnya.

Kapolres Muhammad Adenan mengimbau agar tidak ada lagi yang melakukan aktivitas penambangan liar ataupun kegiatan yang dapat merusak lingkungan sekitar kawasan hutan konservasi Bukit Menumbing. (wan/ant/3)

Pos terkait