Polisi Siap Jadi Inspektur Upacara di Sekolah

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Kegiatan sambang desa, penyuluhan, maupun patroli dialogis masih tetap intens dilaksanakan di jajaran Polres Pangkalpinang maupun Polsek dibawahnya. Hal ini sebagai upaya membangun komunikasi dengan warga. Seperti menjadi Inspektur Upacara (Irup) di sekolah-sekolah pun merupakan upaya untuk membina karakter anak dibawah umur ataupun remaja.

“Baik Polres maupun Polsek beberapa kali memang pernah diminta untuk menjadi inspektur upacara di sekolah-sekolah. Pasti kita sambut baik permintaan tersebut. Artinya, ada kepercayaan dari pihak sekolah kepada kita. Kita pun juga ada wadah untuk memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada para siswa yang masuk dalam kategori anak dibawah umur ataupun remaja,” ujar Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Raspandi, Senin (16/1/2017).

Seperti Senin kemarin, dari Polsek Taman Sari berkesempatan mendapatkan undangan menjadi Irup di SD Negeri 4 dengan menugaskan Kanit Binmas Polsek Taman Sari, Aiptu Teddy didampingi Babhinkamtibmas Kelurahan Opas, Bripka Andi Arif. Penekanan pesan kepada para siswa yakni agar waspada kepada orang asing yang baru saja dikenal.

“Untuk anak SD ini memang kita pesan seperti itu. Pasalnya, kita tahu mereka masih polos dan lugu. Hal ini bisa dimanfaatkan pelaku tindak kejahatan untuk menjadi anak SD ini sebagai sasarannya, entah itu tindakan kriminal konvensional atau pun narkoba,” kata Kabag Ops.

Kemudian, dalam kesempatan sebagai irup tersebut disampaikan pesan juga kepada guru-guru agar tidak melakukan tindak kekerasan terhadap anak. Jangan sampai gaya mendidik yang keras bisa menjerat guru ke ranah hukum.

“Pesan kepada guru untuk selalu menjalin komunikasi dengan para wali murid, termasuk antar guru khususnya juga murid itu sendiri. Dengan demikian nantinya terbentuk suasana yang baik serta mudah-mudahan menjadikan siswa yang baik dan menjadi generasi penerus bangsa yang mumpuni. Pesan ini juga untuk sekolah lainnya,” ujar Kabag Ops. (das/10)

Related posts