Polisi Peringatkan Penambang Liar Lampur

  • Whatsapp
TAMBANG LIAR – Tim Gabungan Polsek Sungai Selan dan Satpol PP tertibkan TI rajuk liar yang beroperasi diduga merambah kawasan DAS. Tampak Kapolsek Sungai Selan Iptu Mulya Sugiharto memberi peringatan kepada para penambang dan meminta segera stop beroperasi TI liar yang berada dekat Jalan Raya Desa Lampur Kecamatan Sungai Selan, Bangka Tengah. (foto: Tamimi).

Aktifitas Diduga Rambah DAS

KOBA – Polsek Sungai Selan menyikapi keberadaan aktivitas pertambangan timah liar yang beroperasi di jalan raya Desa Lampur, Kecamatan Sungai Selan, Bangka Tengah, dengan cara melakukan penertiban di daerah tersebut.
Operasi penertiban tambang ilegal itu, dipimpin langsung Kapolsek Iptu Mulya Sugiharto beserta Kanit Reskrim Ipda Adrian Batu Bara dan tiga anggotanya. Selain itu, dibantu anggota Pol PP kecamatan, berikutnya tim mendatangi lokasi tersebut sekaligus menertibkan aktivitas penambangan yang sedang beroperasi.
Kapolsek Sungai Selan Iptu Mulya Sugiharto seizin Kapolres AKBP. Edison Ludy Bard Sitanggang mengatakan, dasar penertiban tersebut, karena ada laporan dari masyarakat tentang adanya aktifitas tambang Ilegal jenis TI Rajuk di kawasan daerah aliran sungai (DAS) yang berada di Jembatan Gino Desa Sungai Selan Atas Kecamatan Sungai Selan.
Pihaknya pun langsung menertibkan dan memberi peringatan keras terhadap para penambang untuk disterilkan.
“Terdapat lima unit ponton TI yang beroperasi di areal itu,” ujar Kapolsek Sungai Selan kepada Rakyat Pos, Rabu (06/02/2019).
Atas adanya aktivitas tersebut, Kapolsek Sungai Selan mengumpulkan para penambang liar serta melakukan peringatan secara keras.
“Kita minta kepada para penambang untuk menghentikan kegiatan penambangan ilegal dan tidak diperbolehkan melakukan aktifitas tambang di lokasi yang tidak dilengkapi dengan dokumen ataupun surat izin tambang. Kemudian kita minta para penambang untuk segera meninggalkan lokasi terhitung mulai hari ini,” peringatnya.
Kapolsek mengimbau kepada masyarakat untuk menjadikan Kecamatan Sungai Selan tetap aman dan terhindar dari tindak pidana atau pelanggaran khususnya pertambangan ilegal.
“Ini merupakan tugas kita bersama menjadikan Kecamatan Sungai Selan agar aman dan terhindar dari tindak pidana atau pelanggaran khususnya pertambangan ilegal. Untuk itu, kami juga mengajak dan berterima kasih atas kerjasama yang baik, sehingga permasalahan apapun dapat di selesaikan dengan baik. Ini berkat kerjasama unsur Tripika Kecamatan Sungai Selan serta instansi terkait, seperti Dinas Kehutanan yang sudah bekerja sama dengan Polsek Sungai Selan,” tandasnya. (ran/3).

Related posts