Polisi Bongkar Praktik Penimbunan Solar Subsidi

  • Whatsapp
Barang bukti sebanyak 3,5 ton solar subsidi yang ditimbun pelaku Ko di dalam rumahnya. (Hendra Irawan)

MUNTOK – Tim Garuda Satreskrim Polres Bangka Barat, membongkar praktik penimbunan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar, Rabu (29/1/2020).

Selain mengamankan pelaku penimbunan berinisial Ko, warga Desa Sinar Surya, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat. Polisi juga menyita barang bukti yakni 7 drum solar dan 100 jeriken atau sebanyak 3 ton lebih BBM bersubsidi dari dalam rumah Ko.

Read More

Ungkap kasus penimbunan BBM bersubsidi tersebut, berawal dari informasi masyarakat yang melapor bahwa Ko kerap menimbun BBM dikediamannya.

“Pelaku kami amankan karena melakukan praktik penimbunan BBM bersubsidi jenis solar tanpa dokumen. Saat digerbek, kita menemukan barang bukti tujuh jeriken dan seratus drum solar bersubsidi yang ditimbun di rumahnya,” ujar Kapolres AKBP Muhammad Adenan.

Dikatakan oleh kapolres, praktik penimbunan BBM bersubsidi jenis solar yang dilakukan Ko telah berjalan delapan bulan. Solar tersebut diperoleh pelaku dari sejumlah nelayan yang tersebar di Kecamatan Tempilang. Sedangkan nelayan mendapatkannya dari Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) di Kecamatan Tempilang.

“Praktik penimbunan solar telah berjalan delapan bulan, dikumpul dari nelayan yang mendapat jatah minyak subsidi dari SPDN. Pelaku biasa menjual solar timbunan ini ke penambang sekitar Tempilang,” terang Adenan. (wan/6)

Related posts