by

Polisi Bekuk Dua Pencuri Aset Negara

KOBA – Jajaran Polsek Koba berhasil meringkus dua dari empat terduga pelaku pencurian aset milik PT Kobatin di Kelurahan Padang Mulya, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Minggu (7/10/2018). Aset perusahaan penanaman modal asing itu, kini telah menjadi aset negara sejak Koba Tin ditutup.
“Setelah mendapatkan laporan pencurian dari pihak security PT Kobatin, tim langsung bergerak menuju tempat kejadian perkara, dan tidak membutuhkan waktu yang lama tim Polsek berhasil meringkus salah satu pelaku inisial Ant (25) dan dari hasil pengembangan tim berhasil lagi meringkus pelaku inisial Cdr (25),” kata Kapolsek Koba AKP Andri Eko Setiawan seizin Kapolres Bangka Tengah, AKBP Edison Ludy Bard Sitanggang kepada wartawan Selasa (09/10/2018).
Kedua tersangka yang berhasil diamankan itu merupakan warga Koba. Kapolsek menyebutkan masih ada dua pelaku lain yang berhasil melarikan diri.
“Dalam melakukan aksinya, kelompok ini berjumlah empat orang dan dari empat orang itu, dua orang berhasil melarikan diri. Namun identitas pelaku sudah diketahui dan saat ini sedang dalam pengejaran Polsek Koba,” katanya.
Dijelaskannya, para tersangka ini dalam melakukan aksinya dengan cara memanjat tembok dan masuk melalui atap gudang.
“Para tersangka masuk melalui atap dengan cara memanjat tembok, lalu masuk lewat atap, dan berhasil menggasak sebanyak dua unit bearing, satu unit motoran elektrik, satu buah expleller (kipas), satu buah shaft drive, dua buah piston, satu buah lenear, satu buah bohlam lampu sorot,” terangnya.
Kapolsek menambahkan, akibat dari kejadian tersebut, negara yang kini mengakuisisi PT Kobatin mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp44.932.800.
“Saat ini kedua pelaku dan barang bukti kita amankan di Mapolsek Koba. Para pelaku akan dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara paling lama tujuh tahun,” tegasnya.
Andri Eko menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga Kamtibmas dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing, mengingat belakangan ini marak aksi pencurian terjadi.
“Kita mengingatkan kembali masalah Kamtibmas ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Dengan itu kita minta masyarakat bersama-sama aparat untuk menjaga Kamtibmas dilingkungan masing-masing dan segera melaporkan kejadian-kejadian yang menganggu Kamtibmas kepada kami pihak kepolisian,” tambahnya. (ran/1)

Comment

BERITA TERBARU