Polda Siap Amankan KEK Tanjung Kelayang

  • Whatsapp
Kapolda Babel Brigjen Istiono memberikan keterangan Pers berkenaan dengan Pengamanan KEK Pariwisata di Belitung.(foto: dodi).

TANJUNGPANDAN – Menjelang beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan kesiapannya menambah jumlah personil untuk pengamanan.

Kabarnya, KEK Tanjung Kelayang akan mulai diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tahun 2019 ini. Seperti yang terlihat, untuk saat ini masih dalam proses pembangunan.

Kapolda Babel Brigjen Pol Istiono mengatakan, Belitung sudah masuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus, poros maritim di Indonesia. Sebab, Negeri Laskar Pelangi memiliki keindahan dan kekayaan alam.

Sehingga harus ditata sedemikian baik, Khususnya mengenai keamanan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polda Babel akan menambah personilnya terutama dibagian perairan (Polair).

“Adanya sektor pariwisata akan mendatangkan banyak orang. Tentunya kita harus hadir untuk merespon, dan melayani masyarakat,” ujar Brigjen Pol Istiono, kepada Rakyat Pos, Selasa (09/07/2019).

Selain polair, Polda Belitung juga menyiagakan Pam Ovit. Mereka akan dibekali keterampilan khusus. Seperti tanggap bencana, serta dibekali bahasa asing. Agar dapat berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara.

“Kita akan melengkapi sarana dan prasarana. Termasuk kapal yang kita siagakan. Sebab, adanya KEK di Belitung akan mendatangkan banyak wisatawan, mulai dari lokal sampai mancanegara,” ungkapnya.

Tidak hanya di KEK, Polda Babel juga mengamankan kawasan lain di Belitung. Yakni Selat Nasik. Sebab, di Pulau Mendanau tersebut merupakan akses perlintasan kapal dunia yang menuju ke berbagai negara di wilayah barat.

“Kita akan buat pos terpadu. Dimana personilnya melibatkan TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Belitung. Mereka akan tugas patroli di wilayah perairan Bangka Belitung,” pungkas Kapolda Babel Brigjen Istiono. (dodi/3)

Related posts