Polda Gunakan Sistem Pamka dan Pamtup

  • Whatsapp

Sedikitnya 600 personel kepolisian siap untuk mengamankan Debat Publik Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur Bangka Belitung (Cawagub Babel) yang akan berlangsung pada Rabu (11/1/2017).
Adapun 600 personel polisi tersebut terdiri dari 500 anggota Polda Babel dan personel Polres Pangkalpinang sebanyak 100 orang.
Selain menerjunkan anggota, kepolisian juga memberlakukan sistem pengamanan terbuka (Pamka) dan pengamanan tertutup (Pamtup) ada saat acara debat para calon kepala daerah Babel itu.
Kapolda Babel, Brigjen Pol Anton Wahono Sudarminto langsung memerintahkan Direktur Intel Kombes Pol Nanan Juni Mawanto untuk memimpin pengamanan dalam kegiatan itu.
Kabid Humas Polda Babel, AKBP Abdul Mun’im mengatakan, selain personel sebanyak 600 orang yang disiapkan untuk melakukan pengamanan debat publik tersebut, baik Pamka maupun Pamtup masih ada personel cadangan lagi.
“Personel cadangan yang kita kerahkan dalam pengamanan ini selalu On Call yang sewaktu-waktu dapat diterjunkan di lapangan sesuai kebutuhan. Bapak Kapolda telah memerintahkan agar debat publik Cagub dan Cawagub ini dilakukan pengamanan terbuka dan pengamanan tertutup,” ujar Kabid Humas kepada Rakyat Pos, Selasa (10/1/2016).
Untuk mengamankan jalannya Debat Publik Pemilihan Gubernur (Pilgub) tersebut, anggota kepolisian yang diterjunkan sebanyak 600 personel akan disebar ke titik-titik yang sudah ditetapkan.
“Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dapat dengan cepat diantisipasi. Polri siap mengamankan jalannya kegiatan ini dari eskalasi tingkat biasa sampai eskalasi tingkat tinggi,” ungkapnya.
Untuk itu, AKBP Abdul Mun’im mengimbau kepada seluruh simpatisan dan calon untuk mentaati peraturan dan tata tertib yang ditelah ditetapkan dalam debat publik itu.
“Semoga pelaksanaan kegiatan debat yang dijadwalkan besok dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Jumlah personel yang diperlukan sudah jelas. Apa berbuat apa, bertanggung jawab kepada siapa sudah jelas,” pungkasnya. (bis/6)

Related posts