Pol PP Razia Rumah Kontrakan dan Rumah Kos

  • Whatsapp
Kasat Pol PP Kabupaten Belitung Azhar sedang melakukan pengecekan surat menyurat yang dimiliki penghuni.(istimewa).

TANJUNGPANDAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung melakukan razia penertiban rumah kontrakan dan rumah kos yang ada di Kabuaten Belitung, Senin (24/06/2019).

Penertiban ini dilakukan untuk mengantispasi banyaknya pendatang yang datang setelah selesainya libur panjang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Petugas juga menyasar pelaku-pelaku yang dianggap kurang pantas yang dapat meresahkan masyarakat. “Penertiban adminduk, karena disinyalir setelah habis hari raya banyak pendatang-pendatang yang datang itu kita tertibkan,” kata Kasat Pol PP Kabupaten Belitung Azhar kepada Rakyat Pos, Senin (24/06/19).

Dalam penertiban ini, memang telah ditemukan beberapa masyarakat lokal dan luar daerah yang berprilaku tidak wajar seperti tinggal satu rumah namun tidak terikat pernikahan.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena sudah beberapa kali dilakukan penertiban ini terdapatlah hal-hal kurang pas,” ujarnya.

Selain itu, kata Azhar, ditemukan pasangan l laki-laki dan perempuan dikos-kosan, yang tidak dilengkapi surat data-data kependudukan.

Selanjutnya, setelah didapati, petugas membawa para pelaku tersebut untuk dimintai keterangannya. Pelaku akan diberikan surat peringatan dan pernyataan serta menertibkan adminitrasi kependudukannya.

“Kita lakukan pemanggilan terhadap mereka-mereka yang bermasalah, kita buat surat pernyataan. Kalau kumpul dikosan bukan suami isteri kita minta mereka selesaikan, kalau mau nikah-nikahlah, kalau tidak punya data kependudukan kita minta segera diurus,” pintanya.

Untuk pemilik rumah kontrakan, Menurut Azhar pihaknya juga akan melakukan pemanggilan. Dia berharap agar pemilik rumah serta kos-kosan tidak menerima begitu saja bagi yang ingin mengontrak. Sebab, hal itu akan menimbulkan keresahan bagi warga sekitar.

Dilokasi lainnyannya, petugas mendapati pasangan bukan suami istri yang berada dalam kontrakan yang terletak di jalan Kenangan Kelurahan Paal Satu Tanjungpandan.

Dua pasangan tersebut beribisial EV (20) dan BR (23). Mereka didapati dalam satu ruangan dan tidak memiliki ikatan pernikahan.

“Pemilik rumah (kontrakan) kita lakukan pemanggilan juga, kita berikan peringatan. Seperti yang hari ini, kita berikan peringatan dan surat pernyataan,” pungkasnya. (dodi/3)

Related posts