Poktan Tani Citra Trubus Budidaya 50.000 Pohon Cabai Besar

  • Whatsapp
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh (tengah) menanam pohon cabai besar di Dusun Nadi, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Selasa (21/1/2020). (foto: Muhammad Tamimi)

RAKYATPOS.COM, LUBUKBESAR – Kelompok Tani Citra Trubus, Dusun Nadi, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah ingin menuai kesuksesan yang sama pada kegiatan budidaya tanaman cabai besar tahap pertama. Pada tahap kedua, Poktan Tani Citra Trubus pun membudidayakan tanaman cabai besar dalam sekala luas sebanyak 50.000 pohon cabe besar diatas lahan 3 hektare.

Kegiatan penanaman secara simbolis dilakukan secara serentak bersama Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, Kadin Pertanian Sajidin, Kadin Pangan Edi Romdhoni, Manajer Bank Indonesia Taufik, Ketua Poktan Acoi beserta petani dan penyuluh lapangan.

Muat Lebih

“Kesuksesan budidaya tanaman cabe besar milik Poktan Tani Citra Trubus ini dapat diadopsi poktan yang lain untuk menyiapkan ketersediaan sayur-sayuran di Bangka Tengah. Selain cabai, kita berharap bisa membudidayakan tanaman sayur lainnya dengan mengedepankan konsep organik yakni menggunakan pupuk MA11,” ujar Ibnu Saleh, Selasa (21/1/2020).

Sementara itu, Ketua Poktan Tani Citra Trubus, Acoi menambahkan budidaya tanaman cabai besar itu sebanyak 50.000 pohon diatas 3 hektare lahan milik Poktan Tani Citra Trubus. “Sebanyak 50.000 pohon cabe besar yang kita tanam dengan luas lahan 3 hektare,” ungkapnya.

Ia menambahkan pupuk dasar dan pupuk lanjutan yang digunakan adalah pupuk organik MA11. “Untuk pupuk dasar dan pupuk lanjutan menggunakan MA11. Hal ini sudah berhasil kita coba, yang mana sebelumnya menghabiskan modal Rp200 juta diatas lahan dua hektar. Setelah menggunakan pupuk MA11 modal yang dihabiskan sebesar Rp90 juta. Artinya biaya produksi ditekan sampai 80 persen,” tuturnya. (ran)

Pos terkait