by

Poktan Sember Rejeki Lakukan Penyemprotan Massal

Petani Desa Rias yang tergabung dalam Kelompok Tani Sumber Rejeki 1 saat akan mengadakan penyemprotan masal dalam rangka pengendalian tanaman padi yang terkena serangan hama Wereng di areal Pertanian di Desa Rias Dusun Air Pairam.(foto: ist).

TOBOALI – Petani Desa Rias yang tergabung dalam Kelompok Tani Sumber Rejeki 1 mengadakan kegiatan penyemprotan masal dalam rangka pengendalian tanaman padi yang terkena serangan hama Wereng.

Gerakan yang dilakukan pada Senin (4/3/2019) itu, didukung oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan Kabupaten Bangka Selatan, BPTP, BPD, Babinkamtibmas dan stake holder pertanian lainnya.
Sasaran pertama adalah areal pertanian di Desa Rias Dusun Air Pairam. Di area ini, sebelumnya terindikasi serangan hama wereng coklat meskipun masih dalam skala kecil. Demikian rilis yang sampaikan oleh Choerul Rohim, pemuda sekaligus petani Desa Rias Dusun SP A Selasa (5/2/2019).

Sebelum dilakukan penyemprotan, petani terlebih dahulu diberikan pelatihan singkat tentang aturan pemakaian obat-obatan serta pengaplikasiannya secara benar.

Dalam aksi ini, Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) menyediakan insektisida secara gratis untuk aksi tersebut Aksi Penyemprotan ini sengaja dilakukan dengan cara serentak. Tujuannya agar tidak ada tanaman padi yang digunakan sebagai tempat persembunyian wereng.

Selama ini, kata dia, mayoritas petani hanya melakukan penyemprotan di lahan sawahnya masing-masing. Alhasil wereng bisa bertahan hidup karena berpindah ke sawah yang tidak disemprot. Penyemprotan masal rencananya akan dilakukan secara rutin hingga wereng benar-benar habis.

“Serangan wereng hanya terjadi pada tempat-tempat tertentu saja namun jangan sampai meluas ke tanaman padi yang lainnya, untuk itu perlu diadakan aksi penyemprotan masal,” ujar Ketua kelompok tani sumber rejeki 1, Ngatemin.

Pada kesempatan yang sama Sukarya selaku Ketua BPD Desa Rias memberikan apresiasi pada aksi ini. “Aksi seperti ini, harus terus dilakukan agar kelompok tani sumber rejeki 1 bisa dijadikan contoh bagi kelompok tani yang lainnya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Suhayat selaku tokoh masyarakat pentingnya dalam menjaga kekompakan. “Untuk mengatasi serangan hama seluruh petani harus kompak agar segala macam hama benar-benar bisa di basmi, mengingat 2 bulan lagi memasuki masa panen agar hasil panennya melimpah,” imbuhnya.

Pada aksi ini turut hadir juga Suyanto Ketua PPL Desa Rias yang selalu memberikan motifasi kepada para petani agar lebih giat lagi dalam memberikan perawatan pada tanaman padinya agar hasil panennya melimpah.

Ketua Kelompok Tani Sumber Rejeki 1, Ngatemin menambahkan, agar petani mudah dalam memberikan perawatan terhadap tanaman padinya dan hasil panennya melimpah, dianjurkan penyemprotan dan pemupukan dilakukan tepat waktunya dan penanamanya menggunakan teknik JAJAR LEGOWO 6-1 Tidak tanggung-tanggung Aksi Penyemprotan ini, dilakukan secara bergantian di area lahan pertanian seluas 43 Ha dimulai dari sawah yang paling parah terkena seragan hama Wereng, kemudian dilanjutkan kesawah berikutnya hingga merata. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU