Pohon Pelawan Potensi Unggulan Desa Nadung

  • Whatsapp

Buat Kemasan Teh Celup Pelawan
Bumdes Akan Kelola Potensi Pohon Pelawan

Muat Lebih

Desa Nadung, salah satu desa di Kecamatan Payung memiliki segudang potensi sumber daya alam. Selain berpenghasilan di sektor perkebunan seperti lada, karet dan sawit, desa yang memiliki penduduk 1350 jiwa ini juga mempunyai kawasan hutan pelawan yang mencapai 100 Hektar lebih. Hutan pelawan ini menjadi sektor unggulan yang akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Kepala Desa Nadung, Rizal menyebutkan produksi karet dalam setahun bisa mencapai 300 ton. Sementara untuk lada mencapai 15 ton dan karet 4 ton.

“Hutan Pelawan seluas 100 hektar, sudah dimanfaatkan masyarakat bersama pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa serta PKK, kita sudah mengolah daun pelawan dibuat menjadi teh celup, dan sudah kita kemas untuk dijual, selain daun pelawan kita juga sudah bisa mengemas teh celup yang berasal dari pohon gaharu,” ungkap Rizal didampingi Ketua BPD Zakari dan anggota Rusmiadi.

Saat ini, kata Rizal, pemerintah desa hanya mengolah bahan baku saja, sementara kemasan masih dilakukan di Pangkalpinang.

“Untuk itulah, kita berharap Pemkab Basel dapat memfasilitasi Desa Nadung dengan mesin cetak kemasan, agar kita bisa memproduksi kemasan sendiri,” imbuh Rizal.

Menurutnya, selain membuat teh celup pelawan, pihaknya juga telah memanfaatkan daun pelawan dengan membuat puding.

“Jika BumDes sudah jalan, ada rencana kita membuat sabun, gas elpiji minuman air mineral berbahan daun pelawan, karena daun pelawan ini sangat berkhasiat untuk kesehatan, kita telah bekerja sama dengan CV Tedy mengolah serta membuat kemasan teh pelawan yang dijual ke toko-toko,” ujarnya.

Selain memanfaatkan pohon pelawan, TP PKK Desa Nadung dibawah pimpinan Ny Rima juga telah memproduksi keripik Kitela dan keripik pisang.

“Kita optimis sekali pemanfaatan pohon pelawan ini sangat bernilai ekonomis, serbuknya bisa digunakan untuk lulur kulit, ampasnya bisa dijadikan kertas, getahnya untuk obat luka, Harapan kita tentunya, potensi hutan pelawan ini akan menjadi ikon Bangka Selatan, serta menambah pendapatan asli Desa Nadung dan mensejahterakan masyarakat Desa,” pungkas Rizal. (raw/10)

Struktur Organisasi Pemerintahan Desa Nadung
Kades :Rizal
Sekretaris : Anwar
Ketua BPD : Zakaria
Sekretaris : Halimah
Ketua LPM : Apon
Ketua PKK : Siti Fatimah
Sekretaris : Suryaningsih

Pos terkait