PN Tanjungpandan Terapkan E-Litigasi

  • Whatsapp
ilustrasi
foto ilustrasi

TANJUNGPANDAN – Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpandan resmi menerapkan e-litigasi sebagai kelanjutan dari e-cort aplikasi berbasis online yang merupakan produk inovasi Mahkamah Agung.

Menurut Humas PN Tanjungpandan Rino Adrian dengan penerapan e-litigasi, proses persidangan perdata kini bisa dilakukan secara online meskipun belum secara keseluruhan.

Read More

Beberapa tahapan persidangan yang dilakukan secara online seperti agenda jawaban, replik, duplik, kesimpulan dan pembacaan putusan.

“Sebenarnya e-cort ini sudah semenjak 2018 tapi hanya sebatas pemanggilan secara elektronik dan terus dikembangkan sampai kepada persidangan elektronik yaitu e-litigasi. Ditambah adanya instruksi Pimpinan MA agar seluruh pengadilan menerapkan layanan ini sejak 1 Januari 2020,” ujar Rino saat ditemui usai kegiatan sosialiasi e-litigasi dan gugatan sederhana di PN Tanjungpandan, Kamis (23/1/2020).

Ia menjelaskan untuk mendapatkan layanan e-court, masyarakat cukup mengakses laman e-court Mahkamah Agung RI. Kemudian melakukan login sesuai dengan data perkara yang telah didaftarkan.

“Nanti kami siapkan petugasnya di lobi bagi masyarakat yang ingin bertanya tentang layanan ini,” ungkapnya. (dod/6)

Related posts