PMI Kumpulkan 11 Kantong Darah di Simpang Katis Festival

  • Whatsapp
Sekretaris PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mardani, memantau langsung aksi Donor Darah oleh Tim PMI Kabupaten Bangka di Desa Terak, Kecamatan Simpang Katis, Bangka Tengah.(foto: istimewa).

SIMPANG KATIS – Satu lagi langkah nyata dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Berkat kerja sama dengan Pemerintah Desa setempat, PMI berhasil mengumpulkan sebanyak 11 Kantong Daerah, melalui aksi Donor Darah di Simpang Katis Festival 2019.

Aksi sosial Donor Darah yang hanya berlangsung selama lebih kurang 3 jam dimulai pada Pukul 08.00 Wib di Desa Terak itu, diikuti Perangkat Desa Terak, Perangkat Kecamatan Simpang Katis, Satpol PP Simpang Katis dan masyarakat Desa Terak.

Kades Terak, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Haryono mengatakan, pihaknya dari Desa Terak akan selalu berkolaborasi dengan PMI dalam pelaksanaan giat donor darah seperti ini, guna membantu memenuhi stok darah yang ada.

“Kami berterima kasih kepada PMI, karena mau membantu mensukseskan kegiatan Simpang Katis Festival 2019 melalui aksi sosial Donor Darah ini,” kata Kades Terak.

Sementara itu, Sekretaris PMI yang juga Kepala Markas PMI Provinsi Babel, Mardani yang turut hadir di kegiatan Donor Darah dalam Rangka memeriahkan Simpang Katis Festival 2019 itu menyambut baik kegiatan positif kerjasama Pemerintah Desa Terak dengan PMI Bangka, Bangka Tengah dan PMI Babel ini.

“Mudah-mudahan aksi kemanusiaan ini, menjadi contoh bagi desa yang lainnya di Babel untuk dapat berbuat hal yang sama, sehingga kebutuhan darah di Babel dapat tercukupi. Dan bagi masyarakat yang sehat jangan takut donor, karena setetes darah bermanfaat bagi yang membutuhkan. Donor itu sehat, donor itu keren,” ujar Mardani.

Mardani menyebutkan, dalam aksi Donor Darah yang melibatkan 1 unit ambulance, 2 tenaga medis, 3 staff dari Kabupaten Bangka ini, sebenarnya didapatkan sebanyak 16 orang pendonor. Namun, dari jumlah tersebut, hanya 11 orang yang bisa diambil darahnya, sedangkan 5 orang lainnya tidak bisa lantaran kondisi HB rendah.(Vip/3).

Related posts