PMI Belitung Laksanakan Pemakaman Jenazah Pasien Positif Covid-19

  • Whatsapp
Relawan PMI Belitung tergabung dalam Satgas Covid Belitung, saat melakukan penyemprotan disinfektan ke lokasi pemakaman jenazah yang terkonfirmasi positif covid.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, TANJUNGPANDAN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belitung yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Belitung, turut melaksanakan pemulasaran dan pemakaman jenazah Pasien terkonfirmasi (Positif) Covid-19 yang meninggal dunia di RSUD dr. Marsidi Judono.

Kegiatan pemakaman dilakukan di  TPU Kebun Jagung Tanjungpandan, Minggu (8/11/2020).

Read More

Sekretaris sekaligus Kepala Markas PMI Belitung, Bustam mengatakan, pasien Covid-19 tersebut berinisial BD yang telah mengikuti perawatan selama 9 hari di RSUD dr. Marsidi Judono Belitung.

“Sebelumnya, Kita (PMI-red) telah melakukan koordinasi dengan tim RSUD untuk melakukan pemulasaran dan pemakaman jenazah. Untuk PMI ditugaskan untuk pemakaman serta disienfektan lokasi dan tim RSUD melakukan persiapan pemulasaran,” ungkap Bustam.

Dalam prosesi pemakaman, PMI menugaskan 4 orang relawan yang sebelumnya telah diberikan pelatihan pemulasaran jenazah covid-19. Relawan yang ditugaskan bertugas mulai dari penggalian, penurunan,  pengawasan area dan penutupan serta sterilisasi area dengan disinfektan.

“Alhamdulilah penguburan berjalan dengan lancar tanpa masalah dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Bustam.

Pemulasaran jenazah Covid-19 ini, dijelaskan dia, dilakukan semata-mata untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Belitung, mengingat angka covid di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tiap hari semakin bertambah, dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dan sering mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan.

“Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan hingga berakhirnya pandemi covid-19 ini,” harap Bustam.(rel).

Related posts