PMI Babel Himpun 32 Kantong Darah dari ASN Pemprov

  • Whatsapp
ASN Pemprov Babel sedang mendonorkan darahnya melalui Petugas Medis PMI.(Foto: Istimewa).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Palang Merah Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (PMI Babel) kembali melaksanakan aksi donor darah.

Dalam aksi lanjutan memperingati Hari Donor Darah Sedunia tahun 2020 itu, PMI Babel bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Babel dan PMI Kota Pangkalpinang, berhasil menghimpun sebanyak 32 kantong darah dari para aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Jumlah yang terkumpul dalam waktu setengah hari tersebut, terdiri dari golongan darah A sebanyak 7 kantong, darah B sebanyak 13 kantong, darah AB sebanyak 11 kantong dan golongan darah O sebanyak 11 kantong.

Ketua Bidang Pelayanan Darah PMI Babel, dr Andri Nurtito mengatakan kegiatan ini, dilakukan selain untuk mengatasi kekurangan stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI), sekaligus dalam rangka peringatan hari donor darah sedunia tahun 2020.

Baca Lainnya

“Alhamdulillah giat hari ini, Rabu (5/8/2020), PMI Provinsi Babel bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan PMI Kota Pangkalpinang untuk tempat dan petugas pengambilan darah. Kita semua berkolaborasi untuk pelaksanaan aksi donor darah untuk memperingati hari donor darah sedunia yang telah dilakukan secara marathon dari bulan Juni hingga Agustus ini. Semua berjalan lancar dan tanpa kendala apapun,” ungkap dr Andri.

Karena masih pandemi Covid-19, ditambahkannya, pelaksanaan kegiatan donor darah tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, sebagai langkah dalam upaya pencegahan penularan Covid-19, seperti jaga jarak, menggunakan masker, cek suhu tubuh dan mencuci tangan.

“Kegiatan donor ini, telah mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Jadi, dari awal para pendonor dilakukan pengecekan suhu tubuh dan diminta membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Bagi pendonor yang tidak menggunakan masker kita berikan masker, dan kursi tunggu pun kita atur jarak dengan jarak 1 meter. Sebelum donor, pendonor akan dilakukan screening terlebih dahulu terkait riwayat perjalanan, kesehatan tubuh dan interaksi dilingkungannya,” tegas dr Andri Nurtito.

Disebutkan, dari hasil aksi donor darah dalam rangka memperingati Hari Donor darah Sedunia, 24 Juni 2020 di Mako Satpol PP Provinsi Babel total pendonor 48 orang, 2 Juli 2020 pelaksanaan di Aula RSJD Babel total pendonor 31 orang, 13 Juli 2020 di RSUD Soekarno Air Anyir total pendonor 27 orang, dan 5 Agustus 2020 Klinik Kesehatan Provinsi Babel total pendonor 32 orang.

Sementara itu, Abdul Fatah selaku Ketua PMI sekaligus Wakil Gubernur Babel berharap melalui aksi ini, bisa menambah ketersediaan darah di PMI, sehingga kebutuhan warga akan darah bisa terpenuhi. (rel).

Related posts