PLN Siap Layani Listrik 60 Industri Skala Besar

  • Whatsapp

PLN Babel Dorong Investor Berinvestasi

Susiana Mutia

PANGKALPINANG- General Manager PT PLN Wilayah Bangka Belitung (Babel) Susiana Mutia menyebutkan, ketersediaan listrik di Babel sudah melebihi daya mampu dan dalam kehandalan pasokan akan terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Saat ini daya mampu listrik untuk sistem Bangka sebesar 185 MW yang sebelumnya 135 MW dengan beban puncak 130 MW. Sedangkan untuk sistem Belitung, daya mampu sebelumnya sebesar 40 MW kini menjadi 65 MW dengan beban puncak 38 MW,” kata Susiana, Selasa (4/4/2017).

Dengan adanya kelebihan daya listrik ini, PLN, kata dia siap untuk memenuhi kebutuhan penambahan 19.000 pelanggan rumah tangga dan 60 industri skala besar. Pihaknya berharap ketersediaan listrik ini dapat menggerakkan perkembangan investasi daerah, meningkatkan perkonomian masyarakat dan menggerakkan pariwisata.

“Ketersediaan listrik ini kami harap dapat meningkatkan perekonomian di Babel dan juga semakin besar peluang investasi yang akan masuk,” tutur Susiana.

Tahun ini dan tahun selanjutnya, ia menambahkan, PLN masih akan tetap membangun pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik, baik melalui PLTG, maupun rencana aliran kabel bawah laut.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Babel, Syafitri mengatakan, untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di Belitung, dibutuhkan 25 MW, KEK Bangka 40 MW, kawasan industri Pulau Bangka 100 MW di Belitung 60 MW, untuk hotel restoran 80 MW, dengan asumsi 100 hotel, sektor perikanan 10 MW, serta perkebunan pertanian 56 MW.

“Untuk KEK di Bangka sudah ada izin prinsip mudah-mudahan investasi Rp6 triliun dan Babel bisa lebih meningkat lagi di sektor pariwisata, total kebutuhan diperkirakan 371 MW,” bebernya.

Syafitri menyebutkan, sudah beberapa investor yang akan berinvestasi di Babel dan Pemprov Babel, kata dia menjamin ketersediaan listrik dan kemudahan berinvestasi serta keamanan. (nov/10)

Related posts