PLN Berencana Bangun PLTU Kapasitas 2 X 50 MW

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – PT PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (Babel) mulai mengambil ancang-ancang untuk menambah kapasitas daya listrik meskipun saat ini mengalami kelebihan daya. Salah satunya adalah membangun PLTU baru kapasitas 2×50 MW.

“Dalam jangka waktu dua hingga tiga tahun kedepan, kebutuhan listrik akan semakin banyak, oleh karena itu harus segera dipersiapkan agar tidak terjadi kekurangan listrik,” kata General Manager PLN UIW Babel, Abdul Mukhlis kepada wartawan, Kamis (8/8/2019).

Pembangunan PLTU baru tersebut, dia menambahkan saat ini dalam proses pembebasan lahan dan ditargetkan pembangunan dapat selesai tiga tahun kedepan. Selain membangun PLTU, pihaknya juga mengupayakan ada transfer listrik lewat kabel bawah laut.

“Berbagai sumber listrik lainnya juga akan dikembangkan, seperti transfer listrik dari Sumsel melalui kabel bawah laut, pemanfaatan energi baru terbarukan yang terus dikembangkan, baik dengan arus gelombang, tenaga surya, pemanfaatan sampah dan lainnya,” kata Mukhlis.

Dia menegaskan, sejumlah upaya yang dilakukan PLN Babel untuk mengantisipasi kebutuhan listrik masyarakat. Jika nantinya kebutuhan listrik meningkat, pihaknya akan siap melakukan suplai listrik.

“Kalau sekarang kita masih kelebihan daya sekitar 30 MW dan kita juga harus punya cadangan 25 persen, masih mencukupi untuk kebutuhan saat ini,” imbuhnya.

Saat ini, listrik PLN bersumber dari PLTU Air Anyir, PLTG MPP yang berada di satu kawasan dengan PLTU Air Anyir, PLTD dan beberapa sumber lainnya.

“Kita punya biomas biogas di Tempilang, ada PLTD di Merawang, yang menggunakan bahan bakar B-20 (campuran CPO solar-red), sekarang lagi ujicoba mesin untuk menggunakan full CPO,” tutupnya.(nov/10)

Related posts