Pleno, Data Pemilih di Basel dan Beltim Tidak Sinkron

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Irawan menilai, ada data pemilih yang tidak sinkron di Kabupaten Bangka Selatan dan Belitung Timur. Hal itu dikatakan Edi, saat rapat pleno rekapitulasi dan penetapan dan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Babel di Ballroom Hotel Sahid, Pangkalpinang, Minggu (5/5/2019).

“Kita melihat ada beberapa yang memang tidak sinkron terutama pada data pemilih baik itu DPT, DPTb dan DPK pada rekap di beberapa kabupaten yang sudah dibacakan oleh KPU itu ada selisih data,” kata Edi kepada awak media disela rapat pleno.

Menurut dia, tidak hanya soal sinkron data, KPU Provinsi Babel juga harus melakukan perbaikan rekap di tingkat provinsi. “Ini yang harus dilakukan penyingkronan oleh KPU sekaligus harus ada pembetulan juga rekap di tingkat provinsi, jadi kita melihat hanya terkait data itu,” tegas Edi.

Terkait dengan data perolehan suara dari beberapa kabupaten yang sudah dibacakan, dia mengungkapkan, secara keseluruhan tiap peserta pemilu sama sekali tidak ada perbedaan. “Itu tidak ada perbedaan sama sekali, artinya memang hasil yang dibacakan itu sesuai dengan rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU kabupaten dan kota,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan dia, hasil penghitungan suara untuk Kabupaten Bangka Tengah tidak ada permasalahan. “Kalau Bangka Tengah itu tidak jadi persoalan, sudah clear,” tukasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Babel Davitri mengakui, ada selisih data saat pembacaan rekapitulasi hasil penghitungan suara. selisih terjadi saat dilakukan input data dan hal itu tidak signifikan. “Ada yang DPT dalam penggunaan suara tidak sama antara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, tapi itu tidak signifikan, itu hanya satu, salah input,” kata Davitri.

Oleh sebab itu, dia meminta KPU kabupaten yang mengalami selisih data pemilih tersebut agar dapat memeriksa kembali dimana letak kesalahannya. “Terkait ini, kita meminta Bangka Selatan, Bangka Barat dan Belitung Timur untuk mengecek kembali dan membuat kronologis dimana persoalan itu terjadi dan jelas dimana posisinya,” ujarnya.

Dia berharap, KPU Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah danBelitung Timur dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, hari ini, Senin (6/5/2019). “Harapan kita ini besok pagi bisa dituntaskan sehingga bisa diperbaiki di rekapitulasi tingkat provinsi dalam model DC-1 kita,” pungkasnya. (ron/6)

Related posts