PKKS HARMONIS Penyak Nominasi Lomba BKKBN RI

  • Whatsapp
Tim BKKBN RI mengunjungi PPKS Harmonis Desa Penyak Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah. Tampak Inspektur Utama BKKBN RI Agus Sukiswo didampingi Direktur Bina Ketahanan Keluarga Lansia BKKBN RI Widati, beserta rombongan meninjau PPKS Harmonis Penyak, Jum’at (13/9/2019).(foto: tamimi).

PPKS Harmonis Juara Tingkat Provinsi Babel

KOBA – Sebagai peserta lomba Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Nasional 2019, PPKS Harmonis Desa Penyak Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dikunjungi Tim BKKBN RI. PPKS tersebut merupakan nominasi lomba PPKS BKKBN RI Tahun 2019.

Rombongan Tim BKKBN RI yakni Inspektur Utama Agus Sukiswo didampingi Direktur Bina Ketahanan Keluarga Lansia BKKBN RI, Widati beserta rombongan. Kedatangan rombongan disambut Bupati Bateng diwakili Asisten II Ahmad Syarifullah Nizam, Kepala BPPKB Dede Lindayati.

Kepada Wartawan, Inspektur Utama BKKBN RI Agus Sukiswo mengatakan, kegiatan seminar sudah dilakukan dan saat ini tatap muka ke lapangan untuk melihat bagaimana data, pelayanan, dan sistem yang diterapkan oleh PKKS Harmonis Desa Penyak tersebut.

“Secara seminar sudah dilaksanakan dan kini tim kita turun ke lapangan atas permintaan Pak Gubernur dan Ketua TP PKK Babel juga,” ujarnya, akhir pekan (13/09/2019) lalu.

Dikatakannya, PPKS Harmonis merupakan juara tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan sekarang berkompetisi di tingkat PPKS Nasional. Sebagai juara, PPKS Harmonis harus meningkatkan tiga faktor yakni kependudukan, pelayanan KB dan pembangunan keluarga.

“Tiga faktor itu harus ditingkatkan supaya PPKS Harmonis bisa menerapkan di Bangka Tengah,” ungkapnya.

Dari hasil kunjungan tersebut ditambahkannya akan berdiskusi dengan Tim PPKS Harmonis terkait pelayanan, data dan sarana pendukung lainnya.

“Misalnya dalam satu hari berapa orang yang datang. Kemudian saya dapat info petugasnya ada empat orang. Setiap petugas harus memiliki disiplin ilmu, misalnya bidang pelayanan siapa dan bisa menjelaskan. Begitu juga bidang konseling ketika ada masalah bisa menjelaskan, sehingga setiap ada masalah bisa diselesaikan dengan baik. Atau ada alternatif lain dalam menangani masalahnya,” tukasnya.

Sementara itu, pada Tahun 2012 Pemkab Bangka Tengah melalui BPPKB merespon dengan cepat inisiatif yang ditawarkan oleh BKKBN dalam membangun PPKS. Katanya, pendekatan pembangunan pelayanan pusat keluarga sejahtera ini diharapkan menjadi pemicu dan pembangkit semangat bagi berbagai pihak dalam pembangunan keluarga.

“Melalui Dinas PPKBPPA Bangka Tengah telah melakukan berbagai pusat pelayanan keluarga melalui PPKS Harmonis, meliputi pelayanan informasi kependudukan dan keluarga, layanan konseling maupun layanan pembinaan, bimbingan dan fasilitasi kepada kelompok-kelompok bina keluarga dan pengurus Kelompok UPPKS,” ujar Asisten II Ahmad Syarifullah Nizam kemarin.

Selain kegiatan tersebut lanjutnya, PPKS Harmonis menjadi wadah integratif dengan kegiatan di desa yaitu melalui kegiatan TP PKK Desa Penyak dalam melakukan kegiatan pelatihan bagi keluarga misalkan menjahit dan lain-lain.

“Keberadaan PPKS Harmonis telah menjadi hal yang baik dalam pemberian pelayanan konseling keluarga terpadu mulai aspek pengasuhan dan pendidikan anak usia dini, aspek keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, aspek sosial, seperti konseling pra nikah dan aspek ekonomi yakni bimbingan teknologi,” tukasnya. (ran/3).

Related posts